Kamis, 11 Agustus 2011

Diantara Waktu Senggang di Kantor

Assalammualaikum,

Well, lama banget ga buka blog ini, ga nulis dan sama sekali gak log in. Bukan karena gw sibuk atau lupa password seperti kejadian pada umumnya, tapi karena gw belom ada ide buat nulis. Gimana bakalan ada ide kalau selama minggu-minggu ini kerjaan gw yang biasanya pusing mikirin mau ngerjain apaan berubah menjadi pusing menyelesaikan pekerjaan. hell yah!

Gw kerja disini sejak 18 Juli 2011, tapi SK gw tertanggal 1 Juli 2011. Pada tanggal 3 Agustus 2011, temen gw, si Mbak Nila bilang ke gw bahwa kita bertiga (dengan mas Teguh) yang tercantum namanya dalam satu SK itu harus bikin laporan harian biar gaji kita cair. Penuh semangat 45, gw, Mbak Nila dan Mas Teguh bersama-sama membuat laporan harian. Meskipun semangat udah membanjir, tapi tetep aja gw cuma bisa diam selama sejam lebih mantengin layar monitor. Tidak lain dan tidak bukan karena gw lagi bingung mengarang indah tentang kegiatan harian gw di kantor.

SK gw yang tertanggal 1 Juli 2011 itulah yang menjadi pokok permasalahan, sesuai SK gw harus bikin laporan sejak tanggal 1 Juli. Then, gw mesti nulis apaan dong selama tanggal 1 sampe tanggal 17 Juli. Apa iya gw tulis gw lagi lontang lantung kesana kemari buat ikutan tes perusahaan abrakadabra dan bank similikiti? Akhirnya gw cuma nulis gw lagi mempelajari undang-undang terkait dengan kantor gw.

Belom berakhir disitu, gw juga bingung mau nulis kegiatan apaan selama minggu pertama keberadaan gw disini. Masa iya gw tulis gw bikin blog, ge ngetweet setiap saat, gw update status fb, gw ngedit-ngedit foto, dan kalaupun gw baca buku, yang gw baca adalah buku cerita. Kalau gw tulis demikian, bukan gaji yang bakalan keluar tapi surat pemberhentian kerja. :'(

Setelah pergulatan batin maka gw memutuskan gw akan menulis apa adanya aja dan tidak lupa menutupi yang tidak sepatutnya. Hwekekeke.. Jadi kalau seharian kerjaan gw cuma fotokopi dan ngetik ini itu doang, ya itu yang gw tulis.Gw gak akan menulis kegiatan gw yang baca komik, potong kuku, ngupil atau kentut diam-diam.

Esoknya, gw dan Mbak Nila menemui seorang ibu-ibu yang bagian nge-acc laporan tersebut. Setelah ngebaca laporan kami berdua, Bu Acc (sebut aja demikian ya, posisi gw belom aman ni, sekalipun cerita ini fakta tp gw gak mau ada yang salah menerjemahkan) bilang bahwa SK gw,Mbak Nila dan Mas Teguh itu SALAH. Yak benar... setelah kurang lebih 2 minggu bekerja disini,gw baru mendapati bahwa SK gw salah. Parahnya, Mas Teguh dan Mbak Nila itu mulai bekerja sejak sekitar tanggal 20 Juni. That is mean, sejak Juni pun mereka belum nerima gaji. Kalau gw kan wajar, secara kerja belum sebulan juga, malah gw bersyukur karena gw gak jadi terima duit gaji yang bukan hak gw.

Maka gw dan Mbak Nila balik dengan tangan hampa, tapi hati tetap ikhlas dan sabar donk. Namanya juga masuk di kuartal terakhir, maka gw harus siap dengan tidak adanya anggaran buat ngegaji gw. Gw percaya aja ama orang-orang yang ada di atas sana. Lebih dari apapun gw percaya bahwa Allah gw ga pernah tidur, pasti bakalan ngasih gw rejeki entah darimana dan berupa apa.

Diluar itu semua, gw masih manusia. Bisa tergoda dan suka digoda (haiiiiiisssshhhhh!!!!). Sudah beberapa hari sebelum permasalahan SK itu muncul, gw dinyatakan diterima di Bank Similikiti milik swasta. Gw sampai ga bisa tidur, ga enak makan tapi pacaran tetep enak lah yaaaa.... :p. Gaji yang ditawarkan Bank Similikiti mencapailebih dari 3 kali lipat gaji gw disini. Tapi bukan cuma gaji yang gw cari. Banyak faktor yang membuat gw tetap bertahan disini. Gw memutuskan untuk tetap sabar dan ikhtiar disini. Bahkan di hari yang sama dengan munculnya penolakan terhadap SK gw, gw masih mampu menolak tawaran perusahaan Abrakadabra yang menyatakan gw diterima.

Bekerja itu...menurut gw adalah sebuah bentuk pengabdian. Gw mengabdi pada orang tua gw, karena disinilah orang tua gw berharap gw bisa bekerja. Gw mengabdi pada bos gw, karena bos gw adalah orang yang dulu pernah bantuin gw menuntut ilmu, so ga ada salahnya kalau gw saat ini membantu bos gw dengan ilmu yang gw miliki. Gw mengabdi pada negara, yeah.. gw dari jaman dulu emang bukan tipikal pendemo. Kalau gw suka protes, ya benar gw emang orang yang mudah protes, tapi bukan tukang demo. Kalau demo masak,gw ga bisa masak. Demo mecah-mecahin kayu, well...gw mending beli kapak aja. Apalagi demo di jalanan, aduhhh.. gw udah item, ga perlulah gw berjemur dengan istilah apapun namanya oh-so-whateva buat tanning.

Maka dengan bekerja disini, gw mengabdi pada Negara gw. Rasanya munafik banget ya gw bilang gw mengabdi sedangkan gw bilang kerjaan gw nyantai2 aja. Sebenernya ga segitu nyantainya juga sih, namanya kerjaan ada fase lagi nyantai ada fase lagi hectic2nya. Pokoknya gw bekerja sesuai jobdes gw, sesuai kapasitas gw, dan sesuai arahan atasan gw. Kalau kerjaan gw udah kelar, gw boleh kan menggunakan waktu senggang gw untuk hal-hal yang juga tidak merugikan orang lain.

Gw selalu inget motto gw yang gw tulis di halaman skripsi gw :

Semua pekerjaan itu mulia asal tidak mencuri hak orang lain
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar