Kamis, 20 Februari 2014

DJKN Kementerian Keuangan dalam Opini Saya

Tak berbilang berapa banyak curahan hati pegawai kementerian keuangan, khususnya Direktorat Jenderal Pajak yang mengeluhkan tentang sistem mutasi, jauhnya lokasi kerja dari keluarga dan semacamnya. Tapi lihatlah, semakin tahun, jumlah pelamar CPNS Kementerian Keuangan dan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara bukannya malah merosot malah naik secara signifikan.

Tahun 2013 Kementerian Keuangan membuka lowongan untuk 2.909 pegawai, pelamar saat itu mencapai 121.952 orang dan tahukah kalian berapa yang diterima oleh Kementerian Keuangan? Hanya 1.476 orang. Kementerian Keuangan benar-benar memilih terbaik dari yang terbaik.

Bagi kalian yang ingin bekerja di Kementerian Keuangan tapi tidak ingin dimutasi, maka Direktorat Jenderal Anggaran, Badan Kebijakan Fiskal, Inspektorat Jenderal, Sekretariat Jenderal bisa menjadi solusi. Kantornya hanya ada di Jakarta.
Tapi bila kalian legowo untuk dimutasi di seluruh wilayah Indonesia, maka pilihlah Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Direktorat Bea dan Cukai, dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Saya sendiri bekerja di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dengan 17 Kantor Wilayah dan 70 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang dari Aceh sampai Biak. Khawatir dengan mutasi itu pasti, tapi saya harus commit  dengan pernyataan awal bahwa saya siap ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia. Kalau saya harus ditempatkan jauh dari orang tua, saya pastikan saya akan memboyong kedua orang tua saya, hehehe... Maklum, saya ini satu-satunya anak perempuan. Kesayangan Ayah-Mama.

Bukannya saya yang manja, tapi kedua orang tua saya ini sangat mencemaskan Putri satu-satunya ini, saya di Jakarta saja, Ayah berminggu-minggu stress  seperti orang linglung di Surabaya sampai akhirnya nekat ke Jakarta. Hidup sederhana di rantau tak apa, asal kedua orang tua saya tak cemas berlebihan. Kecuali bila Putri kecilnya ini sudah ada yang "jagain" maka lain lagi ceritanya. Hehehehe...

Pengalaman bekerja di Kementerian lain sebelum di DJKN ini membuat saya mau tidak mau membandingkan kedua instansi ini.

Amboi, banyak sekali yang bilang bekerja di Kementerian Keuangan itu enak. Jauh lebih enak dari Kementerian / Lembaga (K/L) lain. Hai..hai.. kekuatan besar berbanding lurus dengan tanggung jawab yang harus dipikul.

Ketika K/L lain masuk kerja pukul 08.00 , kami 07.30 sudah harus duduk cakep di meja masing-masing. Lupakan toleransi waktu karena telat semenit saja di mesin absen, itu artinya sekian persen tunjangan kami (yang kata kalian gede itu :) ) akan dipotong. Tak peduli apapun alasanmu.
Ketika K/L lain jam 4 sudah beberes pulang dan 16.30 sudah ada di tempat parkir. Maka kami masih berkutat dengan para pemangku kepentingan. Kami baru boleh bergelut dengan jalanan selepas pukul 17.00.

Ketika di K/L lain tidak lembur pun dihitung lembur guna mencairkan tunjangan lembur, maka disini berbeda. Lembur sampai jam berapapun selama tidak ada Surat Perintah Lembur ya jangan diharapkan :) Daripada kecewa.
Ketika di K/L lain pada banyak Dinas Luar, disini sebagai Kementerian yang menjadi sorotan, kami selalu mengupayakan efisiensi pengeluaran. Saya sadar Dinas Luar saya disini tak akan sesering dulu ketika saya di K/L lainnya.

Banyak yang bilang gaji kami besar, salah. Gaji kami sama saja dengan yang lainnya. Masuk sebagai golongan III/A maka saya akan digaji dua koma sekian juta. Uang makan kami Rp27.000/hari , dan di Jakarta sekali makan 15rb kawan..... biar hemat akhirnya saya beli Magic Com. *Ini alat elektronik rumah tangga pertama yang saya beli* *nari hula-hula* . Adapula tunjangan TKPKN yang lebih familiar disebut remunerasi. Ini yang biasnaya orang salah kaprah.

TKPKN masing-masing direktorat berbeda. Paling besar adalah rekan di Direktorat Jenderal Pajak, Grade 8 mereka mencapai 4 juta sekian. Subhanallah..... sedangkan saya di DJKN bersyukur dengan 2 juta sekian untuk Grade 8. Beda banget kan ya? Lantas cemburukah kami? Entah yang lain, saya sih tidak. Ingat rules nya :  kekuatan besar berbanding lurus dengan besar tanggung jawab yang harus dipikul. 

Banyak hal di dunia ini yang bisa mendatangkan kebahagiaan tapi tak bisa dinilai dengan uang. Kebahagiaan itu pilihan,kawan. Kalau hanya mencari uang, saya memilih tetap di Surabaya. Menghandle usaha rias pengantin saya yang prospek cerah nya lebih jelas daripada karir saya disini. Tapi mengabdi pada negara ini adalah impian saya sejak kecil, gagal menjadi tentara karena tinggi badan dan gigi yang tak aturan bukan berarti menghentikan mimpi saya. Selalu ada jalan lain, jalan terbaik yang bermuara pada kebahagiaan.


Saya sudah jatuh cinta pada pengelolaan aset, saya sudah membulatkan tekad untuk mengabdi di DJKN. Sekalipun para interviewer mendorong saya beralih ke Pajak atau Bea Cukai, jawaban saya bulat tetap di Direktorat ini. Saya bukan orang yang ragu-ragu, semua harus dipikirkan dengan matang. Karena ketika saya membuat keputusan, tak akan mudah mencabutnya kembali.

Tak peduli senior saya mengatakan mengapa saya memilih Direktorat yang menurut dia "banyak tidak jelasnya" , maka disinilah saya berada. Untuk membuat yang tidak jelas menjadi lebih terang. Saking seringnya saya merusakkan barang atau menghancurkan sesuatu sampai disebut "destroyer" , maka sesering itu pula saya dilatih problem solving. Kawan, segala sesuatu itu terjadi bukan tanpa alasan.

Sebagai apapun saya diciptakan, saya akan menjadi yang terbaik.
Saya akan menjadi anak terbaik bagi kedua orang tua saya.
Saya akan menjadi kakak terbaik bagi kedua adik saya.
Saya akan menjadi pegawai terbaik di lingkungan kerja saya.
Saya akan menjadi bawahan terbaik bagi pimpinan saya.
Saya akan menjadi pemimpin terbaik bagi kelompok saya.
Saya akan menjadi istri terbaik di dunia akhirat bagi suami saya (eh, dia cuma boleh punya satu).
Saya akan menjadi ibu terbaik  di dunia akhirat bagi anak-anak saya.
Saya akan menjadi hamba Allah yang terbaik.

Menjadi Pegawai Negeri mungkin memang jalan hidup saya, tidak ada yang menjamin bekerja di swasta akan membuat saya lebih berkembang lagi kaya. Tidak ada pula yang menjamin bekerja di K/L lain membuat saya lebih rileks dan makmur.
Tapi saya menjamin, selama kita melakukan dengan kemampuan terbaik yang kita miliki maka kesejahteraan dan kemakmuran itu akan mengikuti.
 



8 komentar:

  1. Jadi DJKN itu gimana?
    Mutasinya jelas gak?
    Politik Instansinya jelas gak?
    Kebijakan-kebijakannya jelas gak?

    BalasHapus
  2. Pertanyaannya bagus pak, sampai saya nggak bisa jawabnya :)
    1. DJKN itu Instansi yang akan selalu belajar memperbaiki diri, masih ada kekurangan di beberapa lini namun sebagai pegawai DJKN saya akan mengkritisi secara internal dan memperbaiki langsung sejauh kewenangan dan hak saya.

    2. Mutasinya jelas atau tidak saya belum bisa jawab karena belum mengalami mutasi, ahay...penempatan definitif saja belum. Tapi saya yakit tidak hanya di DJKN tapi hampir semua instansi baik pemerintah maupun swasta tidak ada yang 100% objektif dalam menentukan mutasi maupun promosi. Ini karena kita manusia yang punya nurani, ada rasa kasihan juga punya rasa benci, ada relasi dan ada lawan... jadi sangat manusiawi hasil keputusan mutasi tersebut.

    3. Politik Instansi jelas ada, tapi saya pribadi percaya bahwa dengan melakukan yang terbaik, mau orang berkata apa ya biarlah. Kalau pimpinan menutup sebelah mata pada kinerja kita, yakinlah bahwa ada YANG MAHA MELIHAT tidak sedikitpun luput atas keikhlasan kita bekerja.

    4. Kebijakan jelas tidak, ehem, tidak ada kebijakan yang memuaskan pak. Bijak bagi beberapa pihak tidak menjamin pihak lain juga menerima. Akan ada perbaikan, tentu dengan masukan-masukan yang membangun.

    :)

    BalasHapus
  3. Dear mba Tiar,
    apa benar Direktorat Jenderal Anggaran, Badan Kebijakan Fiskal, Inspektorat Jenderal, Sekretariat Jenderal penempatannya hanya di Jakarta?
    karena menurut saya, akan lebih enak klo penempatannya di Jakarta dan tidak ada mutasi.

    dan masalah gaji dan tunjangannya bagaimana? apakah karena tidak ada mutasi, gajinya lebih rendah dibandingkan dg dirjen yg ada mutasinya?

    BalasHapus
  4. Hai kak salam kenal!
    Wow, aku terharu baca artikel ini. Aku baru aja penempatan DJKN. Setelah membaca tulisan ini aku jadi makin semangat. Semoga kita bisa sama2 membuat DJKN lebih baik lagi :)

    BalasHapus
  5. Pengumuman kita dpt eselon 1 dimana itu pasca pemberkasan ya mbak?
    Thanx.

    BalasHapus
  6. Are you looking for Finance?
    Are you looking for finance to enlarge your business?
    We help individuals and companies to obtain finance for business
    expanding and to setup a new business ranging any amount. Get
    finance at affordable interest rate of 2%, Do you need this
    finance for business and to clear your bills? Then send us an
    email now for more information contact us now via Email:

    misssharma680@gmail.com
    whatspp +917738214856
    Suman Ibrahim

    BalasHapus
  7. DO YOU NEED A LOAN : TRUST ME WE CAN SOLVE YOUR FINANCE PROBLEM
    Do you need Personal Loan?
    Business Cash Loan?
    Unsecured Loan
    Fast and Simple Loan?
    Quick Application Process?
    Approvals within 24-72 Hours?
    No Hidden Fees Loan?
    Funding in less than 1 Week?
    Get unsecured working capital?
    Contact Us At : ahmedconsultancycompany@gmail.com
    Phone number :+1 516-591-0949 (Whatsapp Only)

    LOAN SERVICES AVAILABLE INCLUDE:
    ================================
    *Commercial Loans.
    *Personal Loans.
    *Business Loans.
    *Investments Loans.
    *Development Loans.
    *Acquisition Loans .
    *Construction loans.
    *Credit Card Clearance Loan
    *Debt Consolidation Loan
    *Business Loans And many More:

    LOAN APPLICATION FORM:
    =================
    Full Name:................
    Loan Amount Needed:.
    Purpose of loan:.......
    Loan Duration:..
    Gender:.............
    Marital status:....
    Location:..........
    Home Address:..
    City:............
    Country:......
    Phone:..........
    Mobile / Cell:....
    Occupation:......
    Monthly Income:....

    Contact Us At : ahmedconsultancycompany@gmail.com
    Phone number :+1 516-591-0949 (Whatsapp Only)

    BalasHapus
  8. Mbak,,kerja di djkn,,,berapa bln baru terima gaji?

    BalasHapus