Jumat, 17 Oktober 2014

Hasil Survey Biaya Kursus Bahasa Inggris di Jakarta Pusat

Assalammualaikum,

Semua bermula dari posisi di kantor saat ini, dengan memiliki pimpinan yang langsung Eselon II, tentu undangan rapat yang masuk sekaliber pejabat Eselon II. Tanpa filter Eselon IV dan Eselon III, semua pekerjaan saya langsung dikoreksi pimpinan.

Maka saya pun mulai melahap bacaan-bacaan ekonomi yang saya nggak paham maksudnya, saya mulai membaca peraturan-peraturan yang bikin ngantuk, dan saya belajar mengkaji kebijakan meski saya tau saya nggak ada bijaknya sama sekali.

Karena agenda pimpinan yang padat, maka tak karang 1-2 rapat setiap harinya didisposisikan ke saya atau rekan saya, Mas Dayat yang sekarang lagi honeymoon ke Bali. Rapat yang saya hadapi biasanya bareng dengan direktur, pimpinan lain, dan orang-orang asing padahal mama saya sudah wanti-wanti dari kecil untuk tidak berbicara dengan orang asing.

Mulai dari presentasi Ernst&Young (bener kan tulisannya?), rapat kerjasama dengan negara lain, sampai menghadiri hal-hal mengenai kebijakan perdagangan borderless. Semuanya FULL ENGLISH !!! Omaigot!

DAN SAYA HARUS BIKIN LAPORAN DARI SEMUA KEGIATAN ITU!

nulis opo?
ngerti ae enggak.

Well, even my english skill not really bad, but I think I will take an english course.

Mumpung semangat masih menggebu-gebu, maka semalam saya keliling toko buku untuk belanja pelajaran Bahasa Inggris dan keliling daerah sekitaran kos-kantor untuk cari tempat les. Harus yang dekat, karena macetnya Jakarta saat pulang kantor itu menimbulkan rasa ingin gelar kasur dan bantal di ruangan bu Boss.

Ada beberapa kursus bahasa inggris bagus di Jakarta. Wall Street English salah satunya. Paketan dia selama 2 tahun, dengan harga sebesar rapelan gapok dan tkpkn selama 6 bulan. Sementara ini langsung coret dari daftar, belum mampu sayaaaaah.... Hehehe.. *Nanti buat anak-anak saya, semoga mampu ibumu ini memberikan pendidikan terbaik,nak* #elapingus

Ada I/A/L/F yang saya tertarik. Lokasinya jauh sih, tapi demi ilmu maka saya ayeye aja.
Lokasinya di Plaza Kuningan. Sayang dia adanya program IELTS nya aja, Placement Test nya cukup Rp75.000 (murcee dibanding yang lain) tapi cuma bisa Senin-Jumat antara jam 8 dan jam 3 sore. Ebuset, ijin dong saya?? Untuk dapat masuk kelasnya, kamu harus Intermediate Level terlebih dahulu. Kalau ternyata kemampuan Bahasa Inggrismu kurang, kamu DITOLAK. Biayanya Rp4.100.000- Rp4.300.000 untuk 50 jam pertemuan.
Pembagian pertemuan ada yang 2 minggu, 5 minggu dan 8 minggu. Kalau 2 minggu dan 5 minggu itu kayak sekolah, masuk di hari kerja, biayanya 4,1 juta. Kalau yang 8 minggu itu kelas Sabtu, masuknya dari jam 08.45 sampai jam 16.00 biayanya Rp4.300.000.
Dengar-dengar I/AL/F sih bagus ya, maka dari itu ini aku keep dulu aja, belajar dulu  General English sampe Intermediate level di kursusan lain, baru ikut IELTS disini.



Ada English First Gunung Sahari. Paling Oke nih tempatnya, berada diantara Kos dan Kantor. Lagipula aku kan lulusan EF dulu selama sekolah SMA dan kelasnya FUN! I love it!
Maka saya pun menanyakan biaya kursusnya.
Placement Test yang berisi tes writing dan speaking biayanya Rp100.000 (mampu lah ya)
General English untuk 64jam pertemuan biayanya Rp4.920.000
Toefl Preparation untuk 60jam pertemuan biayanya Rp5.160.000
Well, seminggu 2x pertemuan dan masing2 2jam. Itu artinya selama 16 minggu atau 4 bulan untuk GE nya. Tapi pakai Native Speaker. *Pengalaman dulu di EF emang harga ga boong, nikmat banget belajar ama native, aku salah ngomong prounonciation nya langsung diperbaiki sampai fasih. Tapi biaya kursusnya itu sama kayak THP sebulan CPNS sepertiku ini....Maka keep dulu infonya, beralih ke kursusan lain.

Ada ILP di Cikini. Sudah sejak Magang di Jakarta aku tertarik ama kursusan satu ini.Dekat dengan kantor juga dan nggak macet amat lah kesana.
Placement Test Rp100.000 terdiri dari speaking dan pilihan ganda. Untuk preparation TOEFL dia punya 2 level, biayanya Rp2.900.000 selama 5 bulan (kurang lebih 600.000/bulan lah cocok...) tapi bayar DIMUKA. Muka siapa? Kelasnya bakalan dibuka 3 Nopember 2014 ini, hari Senin dan Rabu jam 19.00 - 21.00, untuk General English nya per level mulai dari Rp1.100.000 untuk 2,5 bulan (2x pertemuan seminggu). Not bad lah ya, reasonable price sebenernya. Tapi pengajarnya nggak native... :'(

Ada TBI yang berlokasi di Kuningan juga. Okelah ini pernah jadi tempat kursusku dulu. Langsung telepon nanya biaya kursus. Seneng deh sangat informatif disini.
TOEFL IBT Preparation minimal kamu level Intermediate, di tes dulu (Placement Test GRATIS) pake pilihan ganda 100 soal dan writing. Kalau lolos, biayanya Rp5.140.000 untuk 72 jam pertemuan. Mentornya 50-50 antara native dan non-native. Kalau ambil yang intensif class maka berlangsung selama 5 minggu. Kalau ambil yang 3x seminggu maka berakhir setelah 9 minggu dan jika mau Sabtu aja ada 2 pilihan, jam 09.00-01.30 selama 18 minggu atau jam 14.00-17.15 selama 24 minggu. (Asyik bisa disesuaikan dengan kemampuan membayar).

Global English disini juga cukup worth it menurutku. Total ada 12 level, Jika reguler 2x seminggu maka akan berlangsung selama 20 Minggu, jika Intensif setiap hari berlangsung selama 4 minggu, jika semi intensive 3x seminggu maka akan berakhir setelah 12 minggu. Kalau mau full native biayanya Rp4.960.000 , kalau mau 50-50 biayanya Rp3.800.000 dan bila mau ambil kelas Sabtu aja yang terdiri dari 25 -75 antara native dan non-native biayanya Rp3.410.000. 

TOEFL Preparation saya kemaren di LIA Surabaya udah cukup tinggi sih, tapi saya tau bahwa saya harus selalu menggunakan Bahasa Inggris saya, malu lah mewakili instansi rapat bersama orang asing tapi aku diem aja. Cuma sibuk nyatet, padahal kadang ga tau nyatet apaan.. tau-tau udah jadi daftar belanjaan aja...

Ikut kelas TOEFL itu biasanya bagi saya membosankan, lebih seneng yang General English atau Conversation sebenernya. Tapi demi beasiswa yang saya impikan, saya tau saya harus ambil les TOEFL.

Maka sebelum memutuskan, saya mau tidur siang dulu...
Zzzzz....






13 komentar:

  1. mbk tiar, sy mau tanya tentang tes kesehatan CPNS kemenkeu, apa aja yg diperiksa? gigi juga kah? mksh atas jwbnnya. maaf nih nggk brhubungn dgn tema tulisannya. ofi

    BalasHapus
  2. Mbak, ini blog post lucu amat sih...makasih ya informasi biaya kursus2 (yang selangit) ini.

    Duh, TOEFL prep 5 juta? Kok sedih ya bacanya...apa mendingan belajar sendiri terus langsung tes aja ya hahaha mahal amirrr buat karyawan jelata macam saya T_T

    BalasHapus
  3. Hi mb Tiar,mkasih y bwt blog'y.
    Mb jd les dmn y?aq msh kursus d lmbga pny nama d kuningan jkt,tp msh level elementry4.sdkn aq btuh ielts bwt interview mggu dpn.mkasih y mb

    BalasHapus
  4. mbak jadi kamu ambil les dimana? aku juga mau dooong memanfaatkan uang negara buat beasiswa, hihihi

    BalasHapus
  5. Permisi mba aku mau nanya dong.. kalo yg di tbi itu ada berapa level ya? Terus bagian bagian level nya apa aja misal nya . Elementary dari 1 sampai berapa gitu? Dan seterus nya gitu mba.

    BalasHapus
  6. Sekedar sharing juga gan. Sekarang ini jika ingin tambah pintar, tak harus repot kursus di tempat-tempat kursus.
    Karena ada kursus online sebagai alternatifnya, jadi hanya tinggal duduk di rumah tak perlu harus pergi ke luar rumah. Bahkan bersertifikat resmi dan diakui. Info ini bersumber dari Sekolah Pintar, yang sedang menyelenggarakan Lomba Kontes SEO 2015.
    Informasi selengkapnya tentang kursus online ini, silakan
    KLIK DISINI>> Kursus Online Bersertifikat di Indonesia

    BalasHapus
  7. Kalo saya dari dulu pingin kursus bahasa inggris, tapi binggung mau pilih tempat kursus yg mana...Soalnya kalo di Kampung Inggris banyak bgt tempat kursusnya....Makasih ya...

    BalasHapus
  8. http://ican-education.com/kuliah-di-australia
    http://ican-education.com/study-in-australia
    http://ican-education.com/kuliah-di-luar-negeri
    http://ican-education.com/universitas-luar-negeri
    http://ican-education.com/universitas-di-singapore
    http://ican-education.com/beasiswa-luar-negeri
    http://ican-education.com/universitas-di-inggris
    http://ican-education.com/kuliah-di-inggris
    http://ican-education.com/universitas-di-malaysia
    http://ican-education.com/kuliah-di-amerika

    BalasHapus
  9. Lagi nyari info toefl preparation, nyasar ke blog keren ini, makasi infonya mbak.. postinganmu sangat membantu..

    BalasHapus
  10. *Senang bisa membaca informasi tentang Berbagai Macam Universitas ini,
    sangat membantu saya dan keluarga saya dalam mencari universitas, sekolah, dan konsultan terbaik di negri ini.. :) btw baca juga ya review aku tentang : ICAN Education Consultant, Konsultan Pendidikan Luar Negeri, Sekolah di Luar Negeri, Kuliah di Luar Negeri, Universitas di Luar Negeri, Studi ke Luar Negeri

    BalasHapus
  11. Keren riview nya mba tiar, bisa jadi sumber informasi penting bagi siapa saja yang ingin ambil kursus ditempat,,, kalau karywan biasanya sibuk sulit atur waktu memang, salah satu solusi bisa dengan mendatangkan guru les bahasa inggris ke rumah, lebih fleksibel jadi siswanya yang atur jadwal sendiri memang sih jatuhnya lebih mahal .. tapi itu guru yang datang ke rumah atau kantor atau bisa juga janjian dilokasi tertentu bisa di cafe, resto yang pastinya nyaman buat belajar apalagi kalau lokasi rumah di jakarta ga kebayang crowded macet dan lain sebagainya.. setiap pilihan pasti ada plus minus tentunya, yang penting nyaman, efektif juga fokus dan terlihat hasil belajarnya.

    BalasHapus
  12. Kelas online buat kita lebih efisien waktu dan biaya.
    Teman2 yang mau belajar bahasa Inggris tp sibuk dg kerjaan dan kuliahnya?
    Coba di britishenglishclass.com, online learning via chatting apps. Langsung dari HP kamu, belajar dua arah. Kelas private. Live interaction.
    Ada lebih dari 200 guru yang siap ngajar bahasa Inggris, Mandarin, dan Jepang

    BalasHapus