Minggu, 29 Desember 2013

TIPS dan TRIK Lolos CPNS Kemenkeu 2013 ala Tiar :)

Assalammualaikum Wr.Wb.

Sesuai janjiku, jika diterima di Kemenkeu maka aku akan menuliskan bagaimana pengalaman plus tips dan trik nya. Ini bakalan panjang, semoga teman-teman nggak bosan :)

1. Pantengin terus website yang memuat kabar pembukaan rekrutmen CPNS. Buat list di agenda, time frame masing-masing kementerian / lembaga yang kalian ikuti. Jangan sampai telat info, siapkan semua berkas yang diminta. Siapkan soft file nya juga karena beberapa Kementerian / Lembaga minta diupload aja :)

Teman-teman bisa daftar  KLIK DISINI aku merekomendasikannya. 

2. Cari informasi di Instansi tersebut ada tahap apa aja. Ini penting banget,kalau ada tes kesehatan,bisa mulai latihan.

Nah aku pilih Kementerian Keuangan karena nggak ribet, nggak harus siapkan ini itu, kirim ini itu. Cukup upload foto dan ijazah aja hehehhehe.. syukurlah. Prosesnya berlangsung cepat, lantas namaku muncul untuk diverifikasi biar dapat kartu tanda peserta ujian (TPU)

3. Ada beberapa peserta gagal saat diverifikasi karena nama di KTP, Ijazah, Akte kelahiran ada perbedaan meski hanya satu huruf. Sayang banget kan? Cek dokumen kalian sekarang! Kalau ada yang nggak sama, segera perbaiki, urus. Daripada salah satu huruf, menggagalkan impian masa depan :)

Akhirnya dapat TPU dan berhak mengikuti Ujian TKD yaitu Tes Kompetensi Dasar. Dengan menggunakan sistem CAT atau Computer Assisted Test dimana kita cuma tinggal klik-klik pake mouse aja dan hasilnya keluar seketika. Hebat! Jumlah soalnya ada 100, waktunya 90 menit :)
Ada materi yang harus kalian pelajari yaitu TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) ini yang keluar tentang Undang-Undang Dasar 1945, Sejarah pra kemerdekaan, sejarah kemerdekaan sampe jaman prasejarah juga hehehhehe...

4. Saya ikut member di cpnsonline.com dan disana ada try out soal. Memang soalnya nggak ada yang mirip, tapi kisi-kisinya demikian. Pelajari juga Undnag-undang dasar, jangan cuma pelajari tapi hapalkan. Nah, lagi buku sakti yang penting adalah RPUL (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap). Kalian bisa beli di toko buku terdekat. Percayalah, penting buat TWK !

Materi berikutnya adalah TIU alias Tes Intelegensia Umum, nah ini soal mulai banyak itung-itungan, lalu anonim sinonim, persamaan makna, dan sebagainya.

5. Saran saya banyaklah membaca, hapalkan rumus bangun datar dan bangun ruang. Saya saat tes Kementerian Pekerjaan Umum dapat soal yang isinya 10 nomer rumus semua. Hahahhaa, pake ilmu perkiraan aja kalau nggak bisa. 

Nah, terakhir adalah TKP yaitu Tes Karakteristik Pribadi. Kalian akan menemukan soal megenai kepribadian kalian. Beda sama TWK dan TIU kalau benar skor 5, kalau salah skor nya 0. Sedangkan di TKP masing-masing jawaban punya bobot sendiri-sendiri.

Lagi- lagi saya merekomendasikan Test CPNS Online ini, meskipun berbayar, tapi nggak rugi sih karena bisa dipake seumur hidup. Kalau tahun ini gagal, coba lagi tahun depan tetep dengan ID dan Password yang sama.

6. Jadilah diri kalian sendiri, tapi untuk beberapa pertanyaan yang menjebak, cari jawaban paling sopan. Hehehehe.. aku pernah jawab : "Saya terima uang tersebut tapi sesuai prosedur" :D

Ada ambang batas kelulusan teman-teman, TWK kalian minimal 70, TIU kalian minimal 75 dan TKP kalian minimal 105. Jadi meskipun nilai kalian tinggi, tapi ada salah satu bidang di bawah ambang batas, kalian dinyatakan gagal.

Alhamdulillah aku lolos denga nilai 343, berapa-berapa nya lupa hihihi.. Lanjut ke tahap psikotes. Aku nggak nyangka lolos psikotes, secara aku kira nilaiku cukup rendah, diantara pelamar formasi hukum lainnya itu aku urutan 200 dari seribu sekian. Not bad laaaaah... :D

7. Sebelum psikotes harusnya kalian browsing pengalaman tahun2 lalu itu apa aja tes nya, nggak kayak aku, buta arah. Kalian harus datang dengan pakaian yang sopan bebas rapi, usahakan bersepatu. Bawa pensil lebih drai satu, jaga attitude ya. Oh ya, bawa air mineral taruh disamping kalian bisa jadi kalian nervous. Test ini memakan waktu seharian.

Tes nya dari jam 8 pagi, datanglah lebih awal. Wih menguras pikiran. Pokoknya kalau penjumlahan liat aja yang angka satuannya, klo hasilnya belakangnya 4 ya cari jawaban yang belakangnya 4. Hahahahha... nggak nutut kalau mau itung semua.
Terus tes yang melanjutkan gambar, nah itu menurut tips yang saya baca dan dengar,

8. kalau bisa semuanya mengarah ke kanan, klo bikin grafik ato gedung nah itu makin ke kanan makin tinggi ya :). Ada juga yang bilang kalau garis lengkug upayakan dilanjutkan menggambar makhluk hidup. Kalau aku sih, ga mikir apa-apa, se - imajinasi saat itu.

Biasanya kucing, gedung, layangan, mobil, laptop, donat, gitu lah :D

Lanjut tes gambar orang,

9. kalau bisa saat orangnya melakukan aktivitas ya. Jangan nganggur dan upayakan komplit, telinga, hidung, jari, mata, begitulah...

Gambar pohon juga kalau bisa komplit.ku dulu cuma batang dan daun nggak jelas, makin sering tes makin kompleks. aku kasih detil daun berguguran, akar, dahan dan ranting, buah, dan pemanis lainnya :)

Skala Pauli, yang ngitung kebawah sampe jereng... Sampe tanganku kribo. Gak sampe nambah lembar baru sih, tapi 1 lembar bolak balik finish :)

10. Yang penting ini kalian ngerjainnya fokus aja, jangan melamun atau tiba2 males2an :)

Nah kalian akan disuruh nulis keberhasilan dan kegagalan, kalau bisa yang berhubungan dengan pekerjaan, kalau belum puya yang berhubungan dengan organisasi. Nggak ada juga? Ummm.. inget2 lagi kalian pernah ngalamin kegagalan deh pastinya... Asal jangan kayak aku, aku nulisnya Kegagalan Cinta ditinggal Nikah hahahhaha... tapi lolos juga kok :)

11. Asalkan di kegagalan itu kamu jelaskan secara terperinci bagaimana kamu mengatasinya, dengan cara yang tepat sasaran dan bisa segera move on dari kegagalan tersebut. Tekankan kegagalan itu membuatmu jadi pribadi yang lebih tangguh.

Lalu kalian akan disuruh menuliskan 5 kelebihan dan 5 kekurangan.

 12. Ingat, bukan kelebihan berat badan, kelebihan cakep, kelebihan harta dan kelebihan percaya diri :)

Kalau kelebihan gampang lah ya, pasti kalian tau kelebihan kalian masing-masing. Yang susah adalah kekurangan,menemukan  kekurangan diri sendiri pasti sulit apalagi untuk anak over confidence kayak aku ini Wkwkwkwkkw...
Aku tergoda menulis kekuranganku : Kurang Langsing, Kurang Putih, Kurang Cantik dan Kurang Imut.
Astaghfirullah.........

13. Saat menulis kekuranganmu, sampaikan juga solusimu bagaimana mengatasinya. Misalnya ketika saya menulis :
 Saya pelupa, tapi saya mengatasinya dengan mulai mencatat hal-hal dari kecil sampai penting di buku agenda sehingga saya ingat apa-apa yang harus saya lakukan. Itu sangat bekerja dan saat ini saya bisa mengatasinya.
Saya mudah bosan, tapi saya mengatasinya dengan memiliki hobi atau waktu berekreasi secara rutin pada hari libur/ weekend agar saya kembali bekerja dengan baik.

Lalu tes yang tinggal menjawab mana diantara pilihan itu yang paling sesuai denganmu, nah ini sih kembali ke pribadi kalian masing-masing kalian itu orang macam apa , hihiihi... tapi nih tips nya :

14. Usahakan konsisten jawabannya dari awal sampai akhir, dan harus balance bagaimana kamu menempatkan diri sebagai pemimpin dan makhluk sosial, menunjukkan bagaimana interaksimu dengan dunia luar dan apakah kamu apatis atau tidak. 


**************************************************
Kalau lolos ke tahap berikutnya adalah Tes Kesehatan dan Kebugaran + Wawancara

Saat tes kebugaran, aku malah baru balik dari salah satu kota di Jawa Tengah, khawatir tensi rendah tapi alhamdulillah, sarapan dulu ya sebelum berangkat. Lokasi di lapangan KONI Surabaya.

Kalian akan di cek buta warna , tenang aja jangan tergesa-gesa kayak aku, yang panik karena dapat nomor urut satu dimana aku jadi kambing percobaan mulu...wkwkkwkw...

Lalu cek minus, aku minus 1. Lalu tes tinggi badan dimana aku yang biasanya 155CM, disunat abis jadi cuma 149 cm, mana yang ngetes ngomongnya kenceng banget, sekenceng dia bilang berat badanku 62Kg (nah, giliran berat badan nggak disunat...) Semua mata tertuju padaku, si nomor urut pertama yang kuntet dan bantet.... uhuuhu....

Ada tes hamil juga, yang hamil ga boleh lari dan otomatis gugur :( Aku sangat beruntung nggak ada yang menghamili sebelum-sebelumnya. Wakakakkaka... :D , semuanya berlangsung lancar, kita masuk ke jamuan utama. Lari mengelilingi track sejauh 400m :)

Ralat : Ternyata ada rekan yang sedang hamil 6 bulan dan tidak lari tapi juga lolos. Alhamdulillah, maaf saya gagal paham :D

Dari hasil googling setidaknya aku harus lari 1600m dalam waktu 12 menit, tapi ada juga yang bilang 1200m udah lolos. Mari kita ambil amannya saja, minimal 1600m (ini untuk wanita, yang pria minimal 2000m).

15. Tips terbaik adalah berlatih berlari secara bertahap, gaya hidup sehat dan biasakan jogging. Aku dapat pengumuman Kamis dan Senin test nya. Jumat saya lari selama 15 menit tanpa berhenti. Sabtu tidak latihan, Minggu pagi latihan lagi plus shuttle run lari angka 8. 
Tapi saya mendapatkan tips khusus yang sangat membantu, sebelum mulai lari lakukan pemanasan, lalu balurkan balsam/counterpain ke seluruh kaki dari paha sampai telapak kaki. Dan seluruh badan, tangan, semuanya deh. Lalu emut-emut gula merah yang dipotong seukuran permen selama lari.

Rasa panas dari balsam akan mencegah kram atau letih terlalu cepat pada otot yang tiba-tiba dipaksa berlari, gula merah sebagai energi dan tetap fokus selama lari. 

STAY FOCUS, jangan jalan, berlarilah kecil-kecil.

Aku  menjadi gadis pelari paling depan, setelah satu putaran ... jeng jeng... sepatu saya copot dengan cakepnya. Bikin saya berhenti dan lari lebih kenceng lagi, lari kalian harus stabil dan main lama makin dipercepat.

16. Ketika panitia teriak kurang satu menit, langsung lari sekencang-kencangnya (Sprint) kerahkan semua energi yang tersisa, berjuang!

Alhamdulillah sukses 2000m :)

17. Untuk shuttle run, berlatih menghemat waktu ya, saya tidak tau minimal berapa detik untuk menyelesaikan 3x lari angka 8 itu. Tapi tips nya, saat berputar, jangan muter balik kayak mobil.. hehehe tapi lebihkan satu langkah depan tiang,lalu putar badan. Misal nih ya, lari ke tiang lebihkan satu langkah , misal saat itu kebetulan kaki kiri di depan, maka putar badan ke arah kiri (jadikan kaki kiri tumpuan) 
Halah, susah ya, sini ketemu biar aku praktekkan... wkwkwkkwkw

***********************

Wawancara, nah ini proses yang mendebarkan, bicara langsung ama bapak-bapak yang kerja di Kemenkeu. Aku udah lupa namanya tapi satunya lebih woles daripada lainnya. Eh ya, yang mewawancara ada 2 orang :)

18. Pakai pakaian yang rapi, wangi ya..jangan sampe burket atau bau badan, bikin interviewer nggak mood ntar...

Wawancara berlangsung selama 30 menit dan direkam. Pada saat wawancara, berusahalah untuk jujur sejujur nya, mereka mewawancara untuk mengetahui dirimu lebih mendalam. Aku nggak ditanyain tentang hukum (latar belakang studi) sama sekali, aku ditanyain organisasi, pekerjaan saat ini, hubungan dengan keluarga, permasalahan di kantor, dan semacamnya.

Nah wawancaraku ini nyantai banget, malah aku takut gagal karena ternyata aku bener-bener nggak bisa menutupi bahwa aku sanguinis sejati , selain prosentase kolerisku. Berikut cuplikannya , yang bisa aku share, lainnya rahasia...hihihi (asline lupa).

I (Interviewer) : Nah tiar, kamu ikut komunitas stand up comedy, kenapa?
T (Tiar) : Saya merasa senang ketika berbicara di depan banyak orang, saya senang dengan feedback pak, ketika saya diatas panggung saya langsung tau penonton tertawa yang artinya reward atau penonton justru tidak memperhatikan dimana saya bisa segera introspeksi diri. Saya suka feedback langsung.

I : Kenapa nggak jadi artis saja?
T : Muka saya kurang menjual pak, hehehhe (aku mulai cengar cengir)

I: Ikut menwa juga, apa yang di dapat di menwa?
T : Banyak sekali pak, pelatihan meembak, mendayung, naik helikopter, SAR, bagaimana jadi pemimpin dan bisa dipimpin dengan baik, intergritas, loyalitas dan nasionalisme.

I: Kenapa nggak jadi tentara aja?
T: Kurang tinggi pak, heheheheh (halllooo... apalagi udah disunat jadi 149cm???!!!!) hahahaha...

I: Adeknya berapa? 2 ya? Tiar ngajari adeknya nggak?
T: Tidak pak
I: Kenapa?
T: Sudah besar pak, sudah bertanggung jawab dengan dirinya sendiri. :D

I: lalu sebagai kakak, kamu ngapain?
T: Saya berikan contoh, apa yang saya lakukan untuk sukses, saya beri mereka target, kalau sukses mereka saya kasih reward, jika tidak tercapai ya ada punishment.
I : Tiar ngawasin adek-adeknya nggak? lewat apa kan adeknya jauh.....?
T: Saya awasin pak, LEWAT STATUS FACEBOOK NYA. (matek gaaaaa...jawabanku ora dipikir langsung bablas)

T; Tiar pernah nyontek?
I: Tidak pak
T: Oh iya ya, mahasiswa berprestasi ga mungkin nyontek, kalau ngasih contekan?
I: Saya nggak pernah ngasih contekan pak. Saya HANYA MEMBERI PETUNJUK. itu beda artinya,pak. (Mateeekk lah ya ceplas ceplos ngelesnya....) hahahhaha

Kegagalan ditanyakan lagi, problem di kantor ditanyakan dan penyelesaiannya, kesuksesan yang diraih, dan sebagainya.

Ini tips nomer berapa? lupa saya....oh ya,
19. Intinya kalau wawancara kalian harus tenang, jangan panik, bicara sesuai yang ditanyakan jangan berbelit-belit, langsung jawab spontan itu biasanya lebih jujur. Kalau tidak tau arah pertanyaannya, bilang maaf dan minta sang interviewer mengulangi pertanyaannya. 
Jadilah diri kalian sendiri, sebelum wawancara sebaiknya kalian berlatih di depan kaca. Melatih gesture dan mimik wajah.

*********************************************************

Itu tadi adalah tips buat lolos rangkaian test nya, ada lagi tips lain. Semoga ini tidak berarti saya riya' ya, hanya berbagi saja. Amalan-amalan yang sebaiknya dilakukan saat kita meminta sesuatu pada Allah SWT.


  1. Berbuat baik pada orang tua, minta maaf kalau ada salah, minta didoakan. Mama saya rajin puasa dan shalat dhuha terus ketika saya tes.
  2. Shalat lima waktu, usahakan tepat waktu. Setelah shalat, jangan langsung cabut, baca dzikir sesudah shalat, perbanyak istighfar dan mintalah dengan sungguh-sungguh. 
  3. Shalat Dhuha setiap hari, Shalat Hajat dan Tahajud. Kalau Tahajud saya masih sulit intens, kalau hajat dan Dhuha yang saya kuatkan.. lantas berdoa lagi sungguh-sungguh.
  4. Perbanyak sedekah, dengan sedekah melapangkan jalan rejeki kita.
  5. Berbuat baiklah dengan siapapun bahkan kepada musuh kita. Berbuat baiklah sekecil apapun bahkan hanya sekedar memindahkan ranting dari jalan. Berbuat baiklah sesering mungkin tiap ada kesempatan. Bisa jadi orang yang kita tolong akan balik menolong kita, kalau tidak ya orang lain yang akan membantu kita. Kalau tidak secara langsung, ya nanti saat kita butuh. Kalau bukan ke kita ya mungkin ke saudara atau keluarga dan anak cucu kita. 
  6. Jangan menyakiti hati orang agar tidak ada yang dendam dan mendoakan kita buruk... kita memang tidak bisa memaksa orang suka semua sama kita, tapi kita bisa menjaga hati orang-orang disekitar kita kok.
  7. Ramah :)
Dan semua amalan ini sebaiknya terus dilanjutkan dan diamalkan sekalipun sudah diterima, jalan rejeki kita masih panjang.... :)


Alhamdulillah saya lolos, KP-03 (Hukum) di pilihan pertama saya di DJKN sebagai peringkat pertama, sama sekali gak suprise sih, soalnya namanya paling tinggi. Hahahahhaha... padahal udah pengen Ctrl-F di pengumumannya :)

***********************************************************

Tulisan ini saya buat karena saya percaya umur tulisan ini lebih panjang dari umur saya.
Saya percaya tulisan ini jauh lebih lengkap daripada ingatan saya, saya khawatir tahun depan saat adik-adik atau teman saya menanyakan tahapan, tips dan trik nya saya sudah lupa... :(
Saya tidak bermaksud riya', semoga saya dijauhkan dari sifat sombong sekecil apapun, saya hanya ingin berbagi, ingin agar teman-teman punya gambaran bagaiman melalui tahapan tes Kementerian Keuangan dimana saya bisa lolos.

Masih ada tahap pemberkasan yang harus saya lakukan di Jakarta, bolehlah kiranya jika isi posting ini bermanfaat, saya mohon doa agar diberi kelancaran pemberkasan, kelancaran tempat OJT dan penempatan definitif.

Saya tutup dengan doa.

Semoga kami yang diangkat menjadi Abdi Negara ini dapat amanah dalam menjalankan tugas, dijauhkan dari hal-hal yang mendatangkan mudharat bagi kami dan keturunan kami, diberikan rejeki yang halal dan barokah, dilancarkan prosesnya, diberi kekuatan ketika kami harus mengalami mutasi ke daerah-daerah terpencil, diberi keteguhan hati saat iman kami goyah oleh Harta dan Tahta...

Semoga kami dijauhkan dari kesombongan, jadikan kami pribadi yang tetap gemar menolong, melayani dengan hati, jadikan kami tetap rendah hati dan optimis.

Sungguh Engkaulah satu-satunya pelindung kami.

Amin.







35 komentar:

  1. Trimakasih sarannya mbak...
    dan selamat buat mbak.tiar atas lolosnya di DJKN. :)

    BalasHapus
  2. Mba tiar aq baca blognya,,, di wa rame blognya jg rame yah mba tiar ni g da matinya dah :D,, ngoreksi dikit, yg hamil emg g boleh lari tp g otomatis gugur,,, saya hamil 6 bulan waktu itu dan gak lari tp alhamdulillah lulus ;)

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah mbak kalau gitu soalnya ada yg ga boleh lari kalau hamil. Mbak jalan atau sama sekali ga ke lapangan?

    BalasHapus
  4. Sama skali gak tes kebugaran (g ke lapangan) cuma tes keshatan ja,,, ^_^

    BalasHapus
  5. congrat buat tiar smoga amanah menjalankan tugas dengan status pnsnya,,

    hihi btw, penyingkatan bb aku rasa ga cmn tes kesehatan pns krn pas q tes premugari jg dikurangin, :D

    BalasHapus
  6. Wkwkwkkw, iya jadi tentara juga gitu dipangkas tingginya

    BalasHapus
  7. hahaha...
    tips yang bagus dan menarik :)

    BalasHapus
  8. mbak kmrn ada persyaratan akreditasi kah? Trus min ipk brp yg blh daftar?

    BalasHapus
  9. maaf mbak sedikit curhat, saya ikut tes jg kemenkeu 2013 saya gagal di TKD. Sekarang saya udah siap utk ikut ujian di pemda tapi setelah baca blog mbak saya jadi semangat mau ikut kemenkeu lagi 2014. Bagaimana tanggapan mbak mendingan saya ikut di pemda atau kemenkeu lagi? saya takut gagal di wawancara dan tes mata krn saya pernah dites buta warna saya gak bisa baca semua lembarnya,cuma bisa baca lembar2 pertama..bagaima kira2 mbak ada yg sama seperti saya yg udah lulus kemenkeu 2013? thx be4 :)

    BalasHapus
  10. Mas Putra, IPK minimal kayaknya ada.. tapi maafkan udah lupa kalau Kemenkeu minta berapa. Rata-rata mulai 2,75 sampai 3,00 . Kecuali untuk Kemendag dan Kemenkeu standart nya emang lebih tinggi. Akreditasi nggak diminta sih di awal, biasanya Pemda dan Pemkot yang minta akreditasi.


    Mas Dodo Hasibuan,
    Untuk TKD memang saya sarankan ikutan www.cpnsonline.com , karena pake try out online lumayan buat latihan. Soalnya kerasa sih mas, awal TKD pertama kan Kemenkeu, selanjutnya saya ikut PU dan Kejaksaan.. nah makin sering TKD nilainya makin tinggi loh mas ternyata. Jadi latihan soal emang wajib banget!!!
    Terus baca buku RPUL, hapalin UUD 1945 berikut amandemen2 nya... dan belajar rumus bangun ruang.


    Kalau mendingan ikut Pemda atau Kemenkeu, kalau saya sih coba semua aja mas! Lagian kan sama aja tes nya TKD juga, anggep latihan aja tapi belajar sungguh-sungguh. Kita nggak tau rejeki bakalan kemana kan.
    Cuma ada resikonya, kalau di Pemda kan penempatan ya di daerah sekitaran itu saja, kalau udah Kementerian maka siaplah ditempatkan dimana saja. Kalau untuk Kemenkeu sendiri, bila tidak ingin dipindah-pindah, bisa kok milih ke Sekjen, Itjen, BKF dan DJA gitu.. itu eselon I kemenkeu yang tempatnya hanya ada di Jakarta.

    Tapi harus siap sih kalau jadi PNS apalagi akan ada transformasi kelembagaan, semua hal bisa terjadi. Ayo semangat mas, coba aja semuanya!!!

    BalasHapus
  11. Mbak boleh minta username sama paswdnya tes cpns nya? Hehe.. t.kasih sblmnya

    BalasHapus
  12. Maaf beb, karena aku terdaftar jadi affiliate nya, aku ga bisa ngasih username dan password, karena ada data-data pribadi anggotaku disana.

    Silahkan daftar aja, nggak rugi kok cuma 118.000 untuk seumur hidup. kalau udah lolos dan kamu ga pengen jadi affiliate nya, kamu bisa serahkan ke orang lain.

    Aku lihat namamu udah daftar, tinggal transfer aja :)

    Maaf ya, aku harus harus jaga privasi anggotaku. Yuk bergabung aja sekalian.

    BalasHapus
  13. Mbak aku fresh graduate juga dari Ilmu Hukum dari salah satu PTN di Semarang hehe,... sekarang ikut kemeneku 2014 doain ya mbak hehe (soalnya saya baru lulus buta banget TKD mbak huhuhu)

    BalasHapus
  14. Mb Tiar, saya mau bertanya untuk pengumuman lolos administrasi dan pelaksanaan TKD itu brp lama jaraknya? terimakasih sblmnya

    BalasHapus
  15. nice! makasih Mbak buat sharing pengalamannya... semoga sukses selalu! :)

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Makasih banyak ya mba infonya...pengalaman itu emg jd guru yg berharga..salam kenal ya mba..semoga saya jg bs masuk cpns kemenkeu 2014 ini ..aaamiin

    BalasHapus
  18. Terima kasih Mbak Tiar informasi dan pengalamannya, bumbu humor-nya, dan InsyaAllah turut meng-amiin-kan do'anya.. :D :)
    Kalau boleh tahu, tahap selanjutnya yang dimaksud pemberkasan itu seperti apa ya Mbak? Terima kasih... :)

    BalasHapus
  19. Sandya, semoga sukses ya, TKD banyak latihan dan banyak baca buku ya...
    pengumuman lolos admin trus verifikasi dulu lantas TKD kurang lebih seminggu aja waktunya, cepet sih kalau Kemenkeu :) Tesnya banyak soalnya.

    Semoga semuanya yang ikut tes Kemenkeu sukses ya...

    Pemberkasan itu kamu bawa ijazah, KK, dll untuk dicocokkan ama saat verifikasi awal. untuk masukin data ke BKN dan Menpan.

    BalasHapus
  20. assalamualaikum mba, mau nanya, kalo analisis fiskal kerjanya ngapain ya mba? dan di tempatkan di mana? terimakasih

    BalasHapus
  21. mbak dari lulus adm, ambil tpu, tkd, psikotes, wawancara dan kebugaran jeda waktunya berapa lama ya mbak? soalnya saya posisi masih kerja dan harus cuti/izin dalam pelaksanaan tes seleksinya, karena tempat tes nya jauh dari tempat kerja mbak, terima kasih.

    BalasHapus
  22. Analisis Fiskal, Analisis Bea Cukai, Analisis Aset sebenernya sama aja ntar jadi pelaksana. Bisa diletakkan di direktorat teknisnya atau bagian umumnya.
    Itu hanya pembeda ke unit eselon 1 mana pilihan pertamamu.

    Jeda waktu maaf aku lupa dan rasanya tiap tahun jeda waktunya antar tes juga tidak sama. Nanti mbak juga akan galau mengenai kapan mulai bekerja kalau sudah diterima, rata2 yang udah kerja dan ada prosedur pre-resign di kantor lama yang 1-2 bulan juga galau dan bingung dulunya.

    Semangat ya mbak, meski waktu pengumuman nanti biasanya mendadak. Ikuti kata hati aja mbak :)

    BalasHapus
  23. Terimakasih mbak ,oh iya kalau buta warna partial gimana ya mbak? Di keterangan resmi kemenkeu sih memang gak ada syarat harus bebas buta warna (untuk S1)... Tapi tetep aja khawatir mbak huhu....

    BalasHapus
  24. mbak makasih bgt infonya..mbk aq thn ini ikut rekrutmen kemenkeu..hbis liat ini aq kok jdi minder yah soalnya aq gak pernah ikut organisasi, aq jg ngerasa gak punya prestasi gtu..

    BalasHapus
  25. wah, selamat ya mbak karena berhasil tembus di kemenkeu dan memenuhi janji untuk share pengalamannya. Sangat membantu dan mengispirasi.

    Mohon doanya ya mbak smoga aku juga bisa sampe ke tahap pemberkasan dan diterima sebagai CPNS Kemenkeu tahun ini.

    Makassiiih hehee

    BalasHapus
  26. Matue nuhun mba Tiar atas sharungnyaa... taun ini saya juga ikut. Dan saat ini sedang mempersiapkan diri untuk psikotes. Sangat berharap semua tips dapat saya amalkan dari awal hingga akhir. Semoga bisa nyusul mba tiar jadi abdi negara yg amanah. Amiiin O:-)

    BalasHapus
  27. mau tanya mbak .. sya jujur galau, karena nama saya di ijazah sd/s1 (AGUSSANTOSO) tanpa spasi sdangkan di KTP, KK dan Akte namanya AGUS SANTOSO, ada spasi nya. kira2 mbak itu bisa ngebatalin gak pas pemberkasan ??
    kmren pas ambil Nomor Tes nya panitia bilang yg di cocokin itu ijazah SD/S1 nya aja.tapi tetap aja was was ... gimana menurut mbak nya ? kalau mau merubah nama di KTP proses panjang banget mulai dr perubahan akte lalu kk baru ktp itu bs smpai berbulan2 bagaimana mbak ? mhon penjelasanya. syukron

    BalasHapus
  28. mba mau tanya klo tes gambar itu dikasih waktu berapa lama yah untuk gbr orang dan pohon sama wartegnya? makasih atas jawabannya...

    BalasHapus
  29. Selamat ya mb..
    Trimakasih dah may berbagi pngalaman....
    Alhamdullilah aku.. juga lolos di sekjen..

    BalasHapus
  30. hehe. suka banget baca tulisannya kakak. bermanfaat sekali.:D terimakasih sudah berbagi >w<

    BalasHapus
  31. Tiar, caranya sholat hajat gimana ya?

    BalasHapus
  32. Bagi Calon Pelamar CPNS 2016, Mulai Sekarang Sudah Bisa Mempersiapkan Diri Untuk Menghadapi Ujian CPNS Tahun 2016 Nanti, Penerimaan CPNS 2016, Akan Dilakukan Dengan Sistem CAT ( Computer Assisted Test ). Jika Ingin Lolos CPNS, Satu-satunya Cara Adalah Dengan Belajar Dan Melakukan Persiapan Mental Dengan Menguasai Soal-soal CPNS 2016, Bagaimana Sistem CAT CPNS Dan Materinya. Penerimaan CPNS 2016 Semakin Ketak Dan Danyak Persaingan,,Jadi Salah Satu Jalan Lolos CPNS, Anda langsun Kordinasi Kepala Biro Kepegawaian, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Regional BKN, No Hp ( 085346460583 ) Web www.menpancpns2016.com Trima kasih

    BalasHapus
  33. Are you looking for Finance?
    Are you looking for finance to enlarge your business?
    We help individuals and companies to obtain finance for business
    expanding and to setup a new business ranging any amount. Get
    finance at affordable interest rate of 2%, Do you need this
    finance for business and to clear your bills? Then send us an
    email now for more information contact us now via Email:

    misssharma680@gmail.com
    whatspp +917738214856
    Suman Ibrahim

    BalasHapus
  34. Kisah cerita mendapatkan ijazah asli

    ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama rany asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    BalasHapus