Kamis, 23 Januari 2014

Setelah Seminggu Magang di Pengelolaan Kekayaan Negara

Assalammualaikum

Setelah satu minggu  saya magang di KPKNL Jakarta III , selama magang ini kami ditempatkan di seksi PKN, yaitu seksi Pengelolaan Kekayaan Negara.Seksi ini merupakan salah satu seksi paling sueksiiii yang pernah aku tau. Ya iyalah pertama kali bertugas langsung ke seksi ini.

Dulu buta masalah BMN sekarang udah tiba-tiba aja diperbantukan untuk Rekonsiliasi. Buat yang nggak tau Rekonsiliasi itu apa, rekonsiliasi adalah pencocokan data di SIMAK dan data di SAKPA. Simak sendiri adalah aplikasi untuk mencatat aset yang dimiliki oleh Satuan Kerja sednagkan SAKPA adalah aplikasi untuk mencatat uang yang dikeluarkan negara untuk dijadikan aset.

Antara uang yang keluar ama nilai barang yang dibeli itu harus sama :) untuk itulah ada rekonsiliasi.

Setelah satu minggu magang, kami akan disebar di seksi-seksi lainnya yang membutuhkan kami (ciyeehhh...berasa penting aja nih... :D ) lalu kami dikumpulkan di ruangan Bapak Kepala KPKNL , Bapak Arik. Beliau lulusan STAN dulunya. Kami dipertemukan dengan Kasi-Kasi yang lain, ada Pak Navis, Pak Andi, Pak Ghofar, Bu Maria, Bu Intan dan Pak Cecep. Kami perkenalan masing-masing dan begitu tau backgroundku anak Hukum, lulusan Universitas Airlangga dengan IPK cumlaude maka aku terancam masuk ke seksi Hukum dan Informasi. *******terancam********

Kenapa terancam? ya iyalaaah.. mau di HUKUM gimana nggak disebut terancam? Aku masuk DJKN karena aku pengen banget ngurusin Aset. Semua orang bilang Indonesia adalah negara yang kaya, nah aku kan pengen tau seberapa sih kaya-nya negeriku ini? :)
Kalau di bagian hukum...um..um... gimana yah,, seandainya boleh menolak aku mau menolak saja lah... hehehe..

Keputusannya, temenku si Danti yang cantik dan mungil serta manis manja gitu,hehehe  di Bagian Kepatuhan Internal. Widara yang dewasa dan Irawan yang polos tapi sekalinya ngomong bikin ngakak mereka di Seksi Pelayanan Penilaian dan saya???

Saya diputuskan di Hukum dan Informasi... *nangis darah deh*

Tapi Allah masih mendengar doa saya....
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Pada hari Senin saya naik delman istimewa ke kantor, ditengah hujan yang mendera saya membawa satu misi penting yaitu bahan Rakorda Bapak Kepala KPKNL, saya dan Danti menyelesaikannya di ruang KI sampe siang...
Saya lantas bingung harus ke Hukum dan Informasi atau saya ke Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara. Jujur saya sangat berhasrat ke PKN, karena ritme kerja dan permasalahan serta banyaknya ilmu tentang aset yang bisa saya dapatkan disini. Saya berdoa habis-habisan deh setelah shalat dhuhur...

Saya sadar saya tidak hanya harus terima ditempatkan di bagian manapun belahan nusantara, tapi saya juga sadar harus mau ditempatkan di bagian manapun. Tapi saya mohon.... saya mohon tempatkan saya di posisi yang saya lamar yaitu Analisis Aset Negara meskipun pada kenyataannya formasi untuk kami ya nggak jelas juga di bagian mana nantinya.

Maka keajaiban itu datang juga, setelah shalat dhuhur, masih dengan mata berkaca-kaca eh.. KASI PKN menanyakan padaku aku mau di HI atau di PKN... *kecup basah sajadah* 

Mantap niatku melangkah ke ruangan PKN. Bareng Pak Ikram, Pak Irwan, Bu Asmiah, Mbak Septi (Pegawai Magang Lulusan Prodip STAN) dan dikomando oleh Pak Andi.

Maka passion saya bekerja kembali muncul, yang awalnya udah desperate banget, akhirnya semangat 89 dah!!!

Sudah 2 minggu saya bekerja disini dan alhamdulillah belum seharipun saya telat. Semoga budaya tidak telat ini terus saya bawa dimanapun saya ditempatkan (asal di PKN) Hahahahaha...





0 komentar:

Posting Komentar