Selasa, 20 Desember 2011

Persiapan Menjelang Pernikahan

Assalammualaikum, saat ini aku mau berbagi tentang Persiapan Menjelang Pernikahan, meskipun saya masih lajang, tapi berbekal berbagai sumber maka saya mau sedikit berbagi saja ya..semoga tulisan ini membantu.

Menjelang pernikahan, ini adalah hal-hal yang harus disiapkan : 
  1. Tentukan tanggal dan jam pernikahan   
  2. Tentukan jumlah undangan 
  3. Tentukan biaya dan tanggungan masing-masing pihak
  4. Tentukan tema pernikahan dan padu padan warna
  5. Tentukan venue dan vendor pernikahan
  6. Tentukan anggota panitia

Tanggal pernikahan harus ditetapkan lebih dulu agar mudah dalam menentukan gedung pernikahan, perhatikan juga jika ingin menikah di tanggal-tanggal unik 11-11-2011, 12-12-2012, 20-12-2012, atau tanggal sejenis itu maka harus segera memastikan gedung tersedia, penghulu tidak terlambat atau bentrok dengan calon pengantin lain dan sebagainya. Tentukan pula jam dimulai dan jam diakhiri acara, apakah dilaksanakan pagi hari, siang atau malam hari.

Jumlah undangan harus dipikirkan secara masak, apakah yang akan diundang hanya sebagian kecil sahabat atau seluruh teman. Ada baiknya ini didiskusikan berdua dengan pasangan, mengingat budget
yang tersedia karena jumlah undangan akan menentukan besar biaya souvenir, pesanan katering dan sebagainya. Jika perlu buatlah garis besar undangan misalnya teman SD, teman SMP, teman SMA, teman kuliah, teman organisasi, teman kantor, teman UKM dan jumlah keluarga yang akan hadir.

Setelah itu cobalah membuat rincian perkiraan biaya yang dibutuhkan. Bisa dengan menggunakan om Google, survei atau yang paling mudah hadiri saja pameran wedding yang biasanya dilangsungkan mendekati bulan-bulan perkawinan. Setelah itu bicarakan dengan pasangan, bagaimanakah pembagian kewajiban pembiayaan pernikahan, apakah sebagian besar ditanggung pihak wanita atau pihak laki-laki atau akan dibagi dua.

Tentukanlah tema pernikahan yang akan diambil, apakah eropa, jawa, sesuai adat calon pengantin pria atau wanita, atau tema timur tengah (yang lagi saya pikirin mau saya angkat untuk tema wedding day saya,hihihihihi...) Setelah tema ditentukan saatnya menyesuaikan padu padan warna yang akan digunakan, ada baiknya minta banyak pertimbangan, jangan sampai warna yang kita pilih tampak tidak sesuai dengan tema atau padu padannya kelihatan norak. ups!

Tentukan lokasi pernikahan setelah kamu survei ke gedung yang akan digunakan, apakah gedung tersebut di lokasi strategis, mudah dijangkau, akses parkir mudah, dan tentunya apakah muat untuk jumlah undangan. Tanyakan pula mengenai ketentuan sewa, misalnya dari jam berapa sampai jam berapa, fasilitas apa saja yang di dapat dan adakah charge bila menggunakan vendor lain untuk dekorasi, katering dan entertain.

Hal yang harus disiapkan adalah kepanitiaan untuk pesta pernikahan, pastikan anda meminta bantuan kerabat atau orang-orang terdekat yang memiliki kompetensi. Panitia ini bisa berisi Pager ayu, pager bagus,(pager betis), pengawas konsumsi, keamanan, penjaga souvenir, penerima tamu dan sebagainya.

Setidaknya itu yang saya pikirkan untuk pesta pernikahan secara garis besar,mengenai checklist secara mendetail mungkin akan saya posting di entry berikutnya, well... sebenarnya hanya bertukar pikiran saja, jika masih ada yang kurang monggo ditambahkan :)

0 komentar:

Posting Komentar