Sabtu, 14 Januari 2012

Rangkaian Pra Nikah Adat Jawa

Ingat beberapa bulan lalu, sekitar 6 bulan hubunganku dengan Mas Wiji ditentang habis-habis-an. Air mata rasanya bercucuran kayak musim hujan. Segala macam cara aku lakukan buat mendekatkan Mas Wiji dan Orang tuaku, mulai dari minta tolong motretin acara sampe bawain ini itu.

Yah,soalnya lagi-lagi nih ya Mas Wiji itu cueknya udah ngalahin kereta api,jejesss...jejesss....tuuut...tuuuutt begitu deh, makanya aku jadi berasa matre bener dah waktu aku minta dia ke rumah bawa terang bulan... bawa martabak kesukaan mamaku, bawain obat atau apalah.. Jadi biar orang tuaku itu tau kalau yang namanya Mas Wiji penuh perhatian dan kasih sayang padaku.. *haish!

Akhirnya Desember kemaren hubungan kami dapat restu. Setelah kecelakaan aku jadi lebih dekat dengan Mama, kami sering berbicara di ranjang karena aku mulai nemenin mama yang takut tidur sendirian. Kamarku akhirnya tidak terpakai deh, lebih sering tiduran ama mama bikin aku bisa tanya-tanya soal pernikahan. Mama jadi tau bahwa Mas Wiji niatannya baik dan serius ama aku... *ah,jadi maluuu...

Maka semalam ketika ayah di rumah, biasanya ayah memang di rumah hanya untuk beberapa jam saja sih, yah aku mulai memberi info bahwa aku dan Mas Wiji sudah membicarakan rencana kami kedepannya. Ayah tiba-tiba bilang tidak menuntut menyicil rumah dulu sih, tergantung aku dan pasangan. Tapi memang itu harapanku pribadi, soalnya liat dari pengalaman mama dan ayah yang tidak memprioritaskan tempat tinggal akhirnya sampai sekarang ya belom ada rumah. Hahahahha... :) Pengalaman kan guru yang paling berharga.

Mungkin emang terkesan memberatkan ya dengan meminta Mas Wiji cari rumah dulu, nyicil dulu... baru ngelamar atau memulai ritual "Nakoni". Tapi setelah perbincangan dengan Mas Wiji, Mas Wiji bilangnya nggak keberatan emang dia udah ada rencana. Yah syukur alhamdulillah... :D

Terus kemaren ayah ngasih tau apa-apa yang harus dilakukan dalam adat jawa :
1. Nakoni, yaitu keluarga mas Wiji datang, menanyakan apakah sudah ada yang melamar aku atau tidak.... trus apa udah siap dilamar... Lantas ayah ntar sok jual mahal gitu yak, bilang ntar secepatnya dikabari balik. Padahal aku udah ngempet pengen teriak : "IYAAAAA....." Tapi ntar disangka babi lepas...

2. Keluarga cewek ke rumah keluarga cowok, istilahnya apaan maap nggak ngerti..hukhuk... Intinya ngasih tau tanggal lamaran yang baik sesuai perhitungan weton kami. Mas Wiji kan 13, aku 18 jadi kalau ditambah 31 lumayan tinggi dan sejahtera lah klo menurut primbondotcom. wakakaka.. BTW, semua tanggal itu baik kok, cuma ya antisipasi menghargai kekhawatiran orang tua. Jadi ortuku habis "Ditakoni" mau ke Mbah Manri,saudara sepuh kami untuk cari hari baik lamaran.

3. Setelah itu, aku ama Mas Wiji hunting barang seserahan buat aku, sesuai posting sebelumnya. Hahaha.. harus dicicil biar nggak terlalu berat. Setelah semua barang udah tersedia nah, harus di packing sejumlah ganjil yah, dibawa pas lamaran termasuk cincin pengikat yang nantinya bakalan jadi cincin kawinku. Boleh ga sih cincin kawinku kayak cincinku yang sekarang?jadi ada matanya satu gede mencungul gitu?? apa harus sama ya ama Mas Wiji.. uh kalau pake cincin kawin begitu jariku malah keliatan pendek. hahahahhaha.... Oh ya, ini namanya lamaran. Kadang ada yang dibarengi tukar cincin ada yang nggak, jadi ada acara sendiri tukar cincinnya tapi kalau aku kok ya ribet dan banyak biaya..

4. Setelah dilamar, aku cari tanggal baik lagi. Btw tanggal baik juga harus memeperhatikan ada tidaknya orang tua atau kakek nenek yang meninggal loh, itu jadi salah satu perhitungan menentukan hari baik. Aku terus datang lagi ke rumah Mas Wiji, bawa seserahan buat si Mas Wiji.

Beugh, pas aku bilang mas Wiji "Mas, walah..ternyata aku juga harus ngasih mas seserahan balik loh mas... hedeeehh..." dia langsung bilang "Asiiiik..aku minta mobil,yank!" . Hmmm.. iyo,ada tuh mobil-mobilannya kucingku.. hehehe..

5. Setelah itu baru deh nikahan.. Di nikahan pun ada ritual khusus karena aku kan Sulung dan Mas Wiji anak bungsu. Tapi mengenai ritual ini aku belum paham benar, biarlah ntar jadi pemikiran setelah prosesi pra nikah berjalan.

Lagian, sekarang yang grogi malah aku. Antara excited boleh nikah dan takut untuk memikirkan biaya pernikahan. Padahal yah pernikahan itu tergantung kita sendiri,kalau maunya yang bombastis ya siap2 aja merogoh kocek lebih banyak. Kalau aku dan ayah lebih cenderung ke pernikahan sederhana, semua tamu jadikan satu. Kalau mama maunya 2 kali acara, tamu dibedain. Aku dan ayah ga setuju lah yaaaa... Semua tamu sama kok. Hehehe..

Niatan baik pasti ada jalan kok. *intip rekening

hahahhaa....Mohon doa aja.

0 komentar:

Posting Komentar