Kamis, 26 Januari 2012

Nostalgia Pengalaman dengan Bela Diri

Menjadi anak perempuan satu-satunya di rumah bukan alasan saya menjadi sosok wanita manja yang lemah gemulai. Kalau manja emang ada lah meskipun tidak sering-sering amat. Tapi lemah gemulai, tentu jauh sekali dari aktivitas saya. Kebanyakan saya malah tertarik dengan kegiatan ekstrem yang bikin jantung berdebar kencang. Bukan jantung saya saja, tapi jantung Mama tercinta ikut serta berdegup kencang.

Kita mulai dari jaman saya masih SD. Saya punya hobi main benteng-bentengan. Itu lho yang lari kesana kemari mempertahankan pohon,tiang atau apapun yang dijadikan simbol benteng (kekuasaan). Saya hobi main sepak bola bareng ama murid-murid lelaki, saya baru main bekel kalau "target operasi" saya, si kakak kelas SD sebelah lagi ngeliatin saya, langsung nyamar jadi cewek tulen. :p

Saya suka main gobag sodor ama murid perempuan, itu pun karena lari-lari, saya suka main kasti juga karena berlari. Pokoknya saya suka banget deh mainan yang ada unsur fisiknya, daripada mainan boneka dengan dialog : "Eh,Nana mau kemana? akikah ikutaaan doonk..." dan dibales : "arisan jeng... yuk mariii.." Ah, itulah yang membuat anak jaman sekarang kecepetan tua. Masih SD aja arisan! Hehehe..

Selain itu jaman saya SD saya ikutan renang, saya bertekad untuk tumbuh menjulang. Tapi sekarang saya sadar, tinggi tubuh saya ini adalah warisan genetik, jadi yah saya tidak boleh menolak warisan kedua orang tua saya. Syukurnya warisan kedua orang tua saya termasuk mata bulat besar, kulit sehat, kemurahan hati dan kecerdasan otak. *peluk cium untuk Mama dan Ayah tercinta :)

Ada satu lagi sih yang diturunkan, sifat emosional saya yang saat SD beneran bikin saya dapat label "preman". Tapi label itu muncul bukan karena saya tukang palak, suka mengintimidasi dan lain-lain. Saya kan ketua kelas yang berusaha melindungi teman-teman yang membutuhkan perhatian khusus. Pokoknya temen-temen yang terintimidasi saya belain terus. Musuh bebuyutan saat itu tidak lain dan tidak bukan wakil saya sendiri.

Dia biasa ngusilin teman-teman perempuan, anak baru, atau anak yang punya keterbelakangan mental. Geng dia biasanya terdiri dari teman-teman lelaki yang merasa sok jagoan dan anak yang tidak naik kelas. Sungguh geng yang tidak patut dicontoh. Pertengkaran berupa adu mulut bukanlah pertengkaran yang biasa saya lakukan, saya terbiasa adu jotos. Langsung nantangin di lapangan.

Tidak jarang kemarahan saya pernah membuat sekolah gempar karena saya melemparkan kursi ke geng GJ itu, yang akhirnya berbuntut pada ban sepeda saya digembosi oleh mereka. Hal yang salah karena saya semakin emosi dan akhirnya bertengkar ngelawan mereka. Siapa yang menang? tidak ada, kami berdua didamaikan. Dia tidak berani memukul wajah saya karena saya perempuan, dan saya dengan beringas memukul wajah, badan dan selangkangannya tanpa perlu merasa bersalah bahwa dia laki-laki. Saya bersyukur dilahirkan sebagai perempuan. Hehehe...

Tapi saya tidak lantas tumbuh tanpa tanda-tanda sikap kewanitaan, saya sempat beberapa kali menjuarai lomba tari tradisional, mungkin itulah yang membuat saya tumbuh "njentit" dan suka geal geol tanpa sadar. Apalagi kalau denger gamelan, langsung ndadi.

Jaman SMP saya ikutan Kungfu, bagi saya itu bisa melatih pengendalian diri. Well, belajar dari emosi saya yang suka lepas kendali di kungfu saya belajar fisik, belajar membela yang lemah dan didzalimi dan belajar pernapasan untuk kontrol diri serta mendukung aktifitas renang yang masih rutin dilakukan.

Selain itu aktivitas saya bertambah dengan ikutan PMR alias Palang Merah Remaja. Soalnya suka ga tega kalau liat orang butuh bantuan terus ga bisa nolong itu rasanya sesuatu bangeeett... Makanya semua serba diikutin, menolong secara fisik sampai menolong dengan hati melalui kemanusiaan PMR. Mama yang tau kegiatanku biasanya cuma bilang "Kamu lupa ya rumahmu dimana?" saking banyaknya yang saya ikuti sampai rasanya di rumah hanya buat tidur malam dan makan.

Kalau Mama liat gimana saya fight Kungfu, Mama selalu bilang : "Kamu bosen hidup? Olahraga kok tawuran???" hihihi.. paling saya cuma bisa bilang : "Kan perempuan harus bisa jaga diri...." :p

Mama lebih senang aku ikut kursus tari, tapi guru tari jaman SMP itu nggak banget, karena saya ikutan beladiri dia underestimate deh dengan kemampuan saya berlenggok, yawda, di kungfu juga saya bisa lenggak lenggok. Jadi kursus tari berakhir jaman SMP. Totally terjun di olahraga lelaki.

Lapangan SMP yang luassss banget bikin saya hobi ikutan main Sepak Bola, ga peduli jahitan rok hampir tiap hari sobek dan harus dijahit di ruang BP, tetep aja ikutan. Pernah sih pulang main bola saya harus ga masuk sekolah karena hidungku sobek akibat gaprak'an. Walhasil ke sekolah sambil nutupin luka di hidung terus. untungnya hidung udah balik seperti tidak pernah terjadi apa-apa. Hohohoho...

Mama makin ketat melarang saya main sepak bola, akhirnya saya justru ikutan skateboard, breakdance dan BMX. Mama saya gedek-gedek waktu Ayah membelikan sepeda BMX, "Makin jadi laki tuh anak!" kata Mama.. aku cuma senyam senyum sambil kedip-kedip mata ke Ayah.
Emang sih adek-adekku cenderung lelaki-lelaki yang ga seberingas aku. Si Nomor dua sukanya basket, si kecil hobinya futsal. Kalau aku sukanya main gitar meski cuma bisa ala kadarnya, kalau si kecil emang vokalis grupband, kalau yang nomer dua dia pintarnya menggambar.  Tapi mereka berdua ga ada tuh yang suka olahraga beladiri apalagi permainan wahana ekstrem..  Hehehe...

Jaman SMA saya malah amat sangat tertarik dengan Tae Kwon Do, PMR emang masih lanjut, ditambah dengan Badminton, anggota Sie Kerohanian Islam, Karya Ilmiah Remaja dan sesekali joget disko ama anak-anak Cheerleader atau iseng ikutan manjat Wall ama anak PA membuat semakin sempurna ketidakhadiran saya di rumah, Mama makin menduga saya bosan hidup secara kegiatan segambreng gitu ditambah les akademik.

Ayah dan Mama memang selalu menekankan prestasi. Boleh ikutan banyak kegiatan tapi harus lahir prestasi di dalamnya, apalagi prestasi akademik. Ada satu nilai 7 di rapot saja saya sudah habis jadi sasaran ceramah. Plus hukuman tidak boleh keluar rumah. Makanya saya bertekad selalu ikutan pertandingan tae kwon do, pernah pulang bawa luka memar di kaki sampai nggak bisa jalan dan sejak itu Mama semakin merinding kalau aku latihan. Di Karya Ilmiah Remaja alhamdulillah pernah juga menyabet juara I regional, di Badminton emang ga ada, aku lemah untuk olahraga tangan kan Badminton untuk menyeimbangkan speed kaki dari latihan Tae Kwon Do. Prestasi akademis, hehehe..syukurlah tidak pernah mengecewakan, nilai nearly perfect.

Jaman kuliah saya justru tertarik dengan Menwa, meskipun sampe mewek-mewek memohon diijinkan ikut pecinta alam, Ayah saya tetap bersikukuh untuk terjun di Menwa. Saya bilang saya pengen naik gunung, Ayah bilang di Menwa saya akan dapatkan lebih dari sekedar pengalaman naik Gunung. Yup, kegiatan saya jadi penuh dengan Menwa. Memang benar saya tidak hanya dapat pengalaman naik gunung, tapi juga mendayung, juga menembak, juga PBB, pengetahuan senjata, bela diri militer yang menjadikan saya salah satu pasukan khusus san satu-satunya cewek disana sampe bisa punya pengalaman membanting cowok sampe babras mukanya kena aspal.. :p

Saya udah ga ada waktu menggeluti Tae Kwon Do lagi dan rasanya setelah luluk kuliah saya jadi rindu seabrek kegiatan saya.
Saya akhirnya menyalurkan bakat dan hobi cuap-cuap saya dengan kursus penyiar radio, aku suka banget dan pengen jadi announcer. hehehe.. Lantas hobi nambah ke fotografi, tapi udah dua bulan ini kamera masih cakep aja di tas.. cuaca ga asik,mana kesibukan ga ada usainya di kantor. Huhuhu...

Udah biasa latihan berat lantas ga latihan sama sekali itu bikin badan jadi gendut. Yah dulu kan makan porsinya udah kayak tukang becak kesurupan, tapis eimbang ama tenaga yang dibutuhkan buat nendang dan lari-lari. Lah sekarang porsi tetep tapi jadi lemak semua, walhasil timbangan badan jadi kambing hitam : "Nih timbangan pasti udah rusak nih, udah ngaco nih.. ah ga percaya deh ama produk ini... " :p

Akhirnya setelah 4 tahun Absen, kemarin saya sempatkan untuk mendaftar di Dojang Tae Kwon Do Dragon, nyari nomor teleponnya udah berminggu-minggu, ternyata datang langsung aja bisa. Tapi pendaftaran Rp350.000 itu lumayan kerasa banget, mana itu udah termasuk seragam dan sebagainya. Padahal saya udah ada seragamnya loh.. Tapi karena harus ada label Dragon ya berarti Dobok (seragam) punya dua. Lumayan buat gantian kalau keringetan. Hehehe...

Per bulan ntar bayarnya Rp150.000, mau latihan tiap hari juga boleh, jadwalnya fleksibel disana, ada yang jam 7 malam itulah mengapa saya pilih disana. Pulang kantor bisa mandi dulu, shalat lantas ke Dragon yang jarak ama rumah ditempuh motor cuma 10 menit. Dengan catatan parkiran Delta nggak rame.

Begitu mama tau aku keluar rumah dengan celana seragam, Mama langsung histeris. "Tiaaarrrr kamu Tae Kwon Do lagi??"
hehehhe.. "Iyah ma, sayang ga dilanjutin"...
"Kirain udah waras...."
"Kan buat olah raga...."
"Kan olahraga yang normal lainnya banyak..kamu kok suka kekerasan gitu sih???"

Hahahha, bukan suka kekerasan, aku ini dulu kalau bela diri senengnya ketika ada emosi tidak tersalurkan bisa dipukulkan ke sandsack atau target, tidak jarang juga ke sesama tae kwon do in, tapi ya dengan teknik biar ga menyakiti.. Kalau disalurkan itu bisa tenang, aku ga stres nyimpen banyak beban.

Akhirnya.... kenyataan berkata lain, Sabuk terakhirku harus disimpan dulu. Absen selama 4 tahun membuatku lupa beberapa jurus (Tae Geuk) so, aku harus mengulangi SABUK PUTIH sambil dievaluasi. Semoga April nanti aku bisa ikutan ujian kenaikan tingkat dari sabuk semula...

Balik sabuk putih, partnerku jadi anak-anak SD di hari Rabu. Alamaaakkk .... Kalau pemanasan, biasanya partnerku cukup pegangin kakiku untuk side up dan back up, tapi karena bareng anak-anak SD jd mereka menduduki ku. Hwakakkaka.. mana tega juga ntar kalau fight ngelawan mereka. Salah-salah mereka berhamburan ke orang tuanya kalau kena tendanganku..

0 komentar:

Posting Komentar