Selasa, 06 September 2011

Mengenal Kulit Wajah,Perawatan dan Bahan Make Up yang Tepat

Lagi pengen sharing sedikit pengetahuan tentang kulit wajah ya teman-teman..

Soalnya kulit wajah itu aset kita, hal pertama yang dilihat ketika kita bertemu seseorang. Hal pertama yang harus diperhatikan juga sebelum kita mempercantik diri dengan Make Up, biar nggak salah ntar pilih bahan-bahan make-up nya :)

A. Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah berminyak sangat rentan dengan jerawat, namun ada kabar baik bagi yang punya wajah berminyak yaitu akan tampak jauh lebih muda.

Ciri dari kulit berminyak mudah diketahui dari bagian hidung yang sering tampak mengkilap, wajah rentan berjerawat, pori-pori terlihat, wajah tampak kusam dan banyak komedo.

Bagi yang memiliki kulit wajah berminyak, pilihlah produk perawatan yang oily free, jadi tidak akan menambah kadar minyak dalam kulit. Selain membersihkan wajah dengan sabun muka, akhiri dengan toner agar sisa-sisa kotoran benar-benar terangkat. Gunakanlah pelembab yang berbahan dasar air, bukan minyak.

Nah untuk make up nya, gunakan foundation yang (lagi-lagi) bebas minyak, agar hasil akhir tampak matte (tidak mengkilap). Hindari eyeshadow yang banyak mengandung shimmer karena akan membuat wajah tampak lebih berminyak (kecuali untuk make up foto Indoor, kita bahas lain kesempatan yak), gunakan bedak yang satu set dengan foundation (two way cake), bedak yang digunakan yang matte juga yah, blush on dan eye shadow sebaiknya pilih yang berbentuk powder.

 

B. Kulit Wajah Kombinasi

Kulit Wajah kombinasi banyak dimiliki oleh para wanita, cirinya di daerat T-Zone (dahi, hidung dan bawah dagu) sangat berminyak, sedang yang lainnya kering. Biasanya jerawat kalau muncul tuh cuma di bagian T-Zone itu aja.

Pilihlah pembersih yang berbentuk gel, selalu rajin bersihkan kulit wajah. Toner yang cocok adalah air mawar, murah meriah kok. Sabun cuci muka dengan foam lembut juga disarankan.

Sebaiknya gunakan foundation yang cair dan mengandung tabir surya, demikian juga untuk moisturizer nya. Gunakan blush on dan eyeshadow yang bubuk, moisturizer digunakan tipis di daerah T-Zone. Jangan lupa selalu sediakan tissu khusus menyerap minyak yah.

 

Untuk kulit kering, warna-warna shimmer dapat digunakan, hindari menggosok wajah terlalu keras yak.

 

Masih banyak tips-tips lainnya nanti, sekarang mau lanjut makan siang dan kerja lagi :)

0 komentar:

Posting Komentar