Sabtu, 12 Juli 2014

Akhirnya Ada Dapur di Kost !

Assalammualaikum!

Sudah hari ke 15 Ramadhan, puasa baru bolong 1 di hari pertama kena jatah libur wanita :)

Sejak pulang ke kos setelah prajab, cuma 2-3 kali aku bisa makan sahur. Sisanya? Bisa bangun sebelum Imsak aja sudah alhamdulillah. Kalaupun bangun jam 3, bingung mau makan apa. Mau keluar kamar kos dan ke warung, eh makanannya nggak fresh... :( Akhirnya sering sahur pakai pop mie, atau susu coklat ( yang berakhir dengan aku guling-guling di ranjang sambil memegangi perut., lah sakit maag pake acara minum susu dalam kondisi lambung kosong, hiks hiks...)

Sebenernya, Bapak Kos ku yang baik hati itu sudah memberikan kepercayaan untuk menggunakan dapur di rumahnya, tapi aku yang nggak enak sendiri kalau harus bangunin bapak kos agar bukain pintu biar aku bisa masak sahur. Heh, anak kos macam apa ini?! :D

Karena berdasarkan sungkan, nggak peduli kondisi tabungan lagi sekarat, aku memutuskan untuk googling kompor portable. Kompor yang masaknya pake tabung kecil, bisa dipake 2-4 jam. Biasanya sih dipakai para pendaki / traveller. Setelah cari sana sini, aku naksir sama kompor portable yang mereknya Winn, dia two in one, bisa dipake untuk kompor gas, bisa untuk kompor portable. Harganya sekitar 290-320rb. Wah cocok nih kayaknya!

Namun sayang, apa yang terlihat di online dan kenyataan berbeda. Nggak ada stock nya dimana-mana. Udah keliling ITC Cempaka Mas juga nggak ada. Akhirnya aku memutuskan menunda pembelian kompor. Tapi troli tetep penuh, wkwkwkkw...

Pagi ini, aku lagi-lagi nggak sahur. Masih kenyang berkat roti bakar hasil masak pakai Magic com (saking pengennya roti bakar, tapi malas ke Ropita karena mahal banget, akhirnya bikin roti bakar di dalam Magic Com.. heheheh..) . Cuma bikin teh anget dan lanjut tidur lagi.

************************************************************
Bangun tidur

Pucuk dicinta ulam pun tiba, emang niat  baik itu selalu dimudahkan. Dari pembicaraan dnegan mbak kos, akhirnya mbak kos pun sepakat bahwa kos wanita tanpa dapur itu ibarat sayur tanpa garam. Maka dengan semangat yang masih membara, aku pun berangkat belanja keperluan membuat dapur dengan konsep sederhana namun tetap elegan (apaan cobaaa????). Total belanjaan akan dibagi 3.
Konsep ini sangat sesuai untuk CPNS magang dengan uang saku 900rb per bulan sepertiku. :D

Akhirnya dibantu Prinda dan Pandu (Duo Sahabat yang lebih terkenal dengan panggilan Upin Ipin) aku mendapatkan barang-barang sebagaimana di foto. Cihuuuy!


Mulai dari Kompor Rinnai 1 tungku sehharga Rp150.000
Tabung Gas kalau baru beli senilai Rp160.000 dengan ongkos pasang jadi Rp175.000
Tempat Bumbu Rp30.000
Wajan Rp45.000
Talenan, Irus dll.. aduh lupa :D Hahahaha...

Paling mengesankan adalah adegan kehujanan, plus kebingungan beli tabung gas baru nya dimana. Karena di daerah deket kos rupanya cuma jual isinya, lah apa gas nya dimasukin galon???!

Akhirnya aku bertanya ke bapak tetangga rumah kos, katanya jauh banget belinya. Jarang yang jual. Lalu asisten rumah tangga bapak kos juga membantu mencarikan info. Sayangnya mahal sekali 250.000 harganya.

Tiba-tiba, saat googling lagi nyari penjual tabung gas kosongan, aku diteriakin ama bapak-bapak. Akupun menyambar jaketku, nggak tega merusak amalan puasa bapak-bapak dengan turun menggunakan pakaian beramal gairah gini *haiiiish* *kibasin poni*

Rupanya, di tengah derasnya hujan, sang bapak-bapak sekitar wilayah kos dan ibu-ibunya memanggilkan penjual tabung gas keliling untukku.. aaarh.. jadi terharu kan jadinya. "Kalau mbak Tiar masak kan kita juga yang sering dibagiin makanan.." HAHAHA, padahal makanan yang sering aku bagikan itu kalau pulang rapat di hotel, makanannya sisa banyak, ama bos dan rekan pasti disuruh bawa aku, secara aku anak kos dengan uang saku sebesar..... (ah, gak usah diulang-ulang deh ah).

Bapak pedagang tabung gas itu pun membantu memasangkan, ga minta ongkos sih,tapi bayangin dia hujan-hujan keliling dan memasangkan kompor BARU, regulator BARU dan tabung gas BARU (BARU nya harus capslock yah, tujuan penulisan ini kan emang mau pamer.....#haseeek ) akhirnya aku tambahin ongkosnya, biar beliau termotivasi memasang secara aman.

**********************************************************

Dapur sederhana kami jadi, mbak Vinna membelikan minyak, garam, lada dll. Aku beli bumbu racik, bumbu kentang dan bahan lainnya. Masih perlu banyak perkakas dapur lainnya, tapi secara bertahap nanti kami beli dan lengkapi. Tinggal tambahin aja kulkas, maka komplit lah kebahagiaan di kamar kos ini..... (tunggu rapelan dan penempatan yak).

Semoga dengan adanya dapur ini aku yang seneng masak dan bikin kue ini jadi teratur makannya, jadi calon suamiku yang ganteng tralala itu nggak lagi memohon minta aku makan teratur biar nggak mengeluh sakit maag lagi :') "Sayang, dapur ini buat kamu... iya..kamu..."

Wassalammualaikum...

*ngacir beli tabloid Sedaaap


1 komentar:

  1. Are you looking for Finance?
    Are you looking for finance to enlarge your business?
    We help individuals and companies to obtain finance for business
    expanding and to setup a new business ranging any amount. Get
    finance at affordable interest rate of 2%, Do you need this
    finance for business and to clear your bills? Then send us an
    email now for more information contact us now via Email:

    misssharma680@gmail.com
    whatspp +917738214856
    Suman Ibrahim

    BalasHapus