Rabu, 04 Juni 2014

Menjelang Profilling DJKN

Assalammualaikum, malam ini harusnya aku tidur nyenyak, persiapan untuk melaksanakan Profiling besok. Spelling nya gitu nggak sih? hehehe...

Profiling itu denger-denger sebuat tes psikologi dan tes potensi akademik. Denger-denger juga (pokoknya di postingan kali ini akan banyak denger-denger nya deh daripada kenyataannya soalnya kan aku belum ngalamin...) profiling ini menentukan apakah kita adalah pribadi yang cocok bekerja di kantor pusat, di kanwil atau di kantor operasional.

Tapi bagaimana bisa tidur kalau otak lagi penuh urusan prajab, yah..meskipun perlengkapan sebenernya cuma kurang foto 4x6 selembar doang sih.. hehehe...tapi kan masih shock kami prajab secepat itu. makanya sekarang aku mau berbagi tips yang aku tau tentang psikotes. Dulu sih pernah bahas di Tips CPNS , tapi kali ini diupayakan lebih mendetail.. (ceritanya lagi tambah ahli sih..)


Wartegg Test, yang nge-gambar di 8 kotak itu loh..
1. Usahakan tidak banyak coretan, tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Tandanya kamu bukan orang yang ragu-ragu namun tetap fleksibel. *kibasin poni

2. Ketika disuruh memberikan nomer urut, jangan 1,2,3,4,5,6,7,8 aduh..itu sih terlalu "biasa". Pastikan kalian lebih inovatif. Misalnya aku serngkali ngasih nomer urut 1,3,5,7,2,4,6,8 atau 1,8,2,7,3,6,4,5 berpola tapi tetep unik.

3. Jika di dalam kotak itu garis lengkung maka gambarlah makhluk hidup. Jika garisnya tegak lurus maka gambarlah benda mati.

*Gambar nomer 1 yang titik itu menunjukkan kemempuan seseorang untuk beradaptasi.
*Gambar nomer 2 menunjukkan fleksibilitas perasaan
*Gambar nomer 3 menunjukkan motivasi
*Gambar nomer 4 menunjukkan cara menghadapi masalah
*Gambar nomer 5  menunjukkan cara mengambil keputusan (bagi laki-laki menunjukkan orientasi seksual)
*Gambar nomer 6 menunjukkan wartegg test analys dan pola pikir
*Gambar nomer 7 menunjukkan stabilitas emosi apakah udah matang atau masih childish
*Gambar nomer 8 menunjukkan kehidupan sosial

Nah, menggambar wartegg ini pun jangan asal-asalan dan elek-elek-an... kalau gambar kalian terlalu umum ya pemikiran kalian dinilai begitu-begitu saja. Cobalah pikirkan dan visualisasikan gambar yang kira2 orang lain tak memikirkannya. Kalau saya sih bawaannya ke makanan terus.... Donat, Lemper, Kue Tart... hahahah :D

Kalau nggambar pohon sih ya harus komplit, aku biasanya nge-gambar mulai akar sampai buahnya. Terus pake didramatisir dengan daun-daun berguguran pula. Kalau perlu aku gambar deh desau anginnya.... Aku suka memvisualisasikan hal-hal romantis begitu.. (uh,jadi kangen.... :'(    )

Menggambar manusia harus komplit ya keliatan dari telinga sampai jemari. Komplit detail pakaian dan aksesorisnya. Kalau bisa orangnyya pas lagi melakukan aktifitas. Berikan penekanan yang cukup saat menggambar leher, itu menunjukkan keinginan yang kuat. Usahakan tangan dalam kondisi terbuka sebagai pribadi yang open-minded. Misal di depan komputer, meriksa pasien jika kalian menggambar dokter, main bola, atau nari hula-hula. *oke, abaikan contoh terakhir

Tes analog verbal, misalnya lawan kata. Kalian harus konsentrasi tinggi. Panjang itu ama pendek ya lawan katanya, ada yang salah panjang ama kecil.... udah ketauan deh yang jawab begini ini otaknya lagi memvisualisasikan apa... #haiiish

Ada juga tes simbol dan guling kubus. Beneran deh ini kadang bikin aku minder juga. Tanganku suka bergerak-gerak seolah ada kubus depan mataku... Berasa gadis gypsi lagi ngelus-ngelus bola kaca deh.
Kuncinya cuma konsentrasi dan ketepatan waktu.

Skala Pauli atau ngitung barisan angka. Usahakan memaksimalkan waktu yang ada, pastikan daya pikirmu tak melemah. Tapi jangan juga menyiasati dengan santai di awal-awal... kalau bisa stabil, kalau kalian mulai merasa gerah biasanya aku akan menarik napas dalam, mengepalkan tangan dan menghembuskannya kencang-kencang. Ini antisipasi lain karena kalau aku teriak menyemangati diri sendiri, si pengawas pasti juga ikutan semangat mendeportasikan aku dari ruang tes ke kampung halaman.... (aaaah.. sedihnya sekarang kerja di Jakarta jadi punya kampung halaman...)

Masih banyak tes yang lain deh kayaknya, tapi aku mulai mengantuk. Besok update lagi deh apa yang terjadi selama tes berlangsung.

Goodluck teman-temanku. Semoga kita ditempatkan di tempat yang terbaik...

Semua akan (p)indah pada waktunya.

Salam DJKN.


0 komentar:

Posting Komentar