Jumat, 06 Juni 2014

A to Z Perlengkapan Prajab Golongan III Kementerian Keuangan

Assalammualaikum...

Setelah magang 5 bulan, akhirnya kami dipanggil juga untuk Pendidikan Pra Jabatan atau biasa kita sebut Prajab. Kelulusan Prajab merupakan salah satu syarat mutlak diangkat menjadi PNS. 

Aku kira dulu begitu lulustes CPNS, maka jalanku akan mulus menjadi abdi negara, ternyata tidak semudah itu. Kami CPNS DJKN ( masih nggak tau apa itu DJKN? Monggo klik di sini) harus melalui banyak tahapan. 

Pertama, kami harus ikut Diklat Teknis Umum dan harus lulus. Kedua kami ikut Diklat Teknis Substansif Dasar, dan lagi-lagi harus lulus. Ketiga, kami mengalami profilling untuk pemetaan pegawai. Baru saja kami beristirahat, eh... kami sudah menerima alarm stelling untuk Prajab dalam waktu kurang dari satu minggu. Kemenkeu memang istrinyewa..... eh, istimewa!


Karena waktu yang sangat mepet, jadilah tiga hari terakhir ini aku dan sahabatku (yang badannya sebelas duabelas lah... aku sebelas, dia dua belas RIBU) Hahahahahah!!!! Sebut saja dia Uli , bukan nama sebenarnya, demi melindungi masa depannya.... :D :D kami keliling di berbagai pusat perbelanjaan. 


Hari ke-1 Road to Tanah Abang. 

Beli perlengkapan untuk rekan-rekan DJKN. Jadilah kami berdua macam kuli panggul barang belanjaan, lumayan lah olahraga fisik menjelang Prajab. Harga kemeja seragam warna putih kami beli 26 potong, minimal ambil 20 dan ukurannya harus campur per-seri. Nomer 13 ama 14, 15 sama 16. Harganya juga beda-beda, seri nomer 13-14 itu 35rb/potong kalau 15-16 itu 38rb/potong. Lalu beli rok, mulai 48rb-75rb. Jilbab paris beli kodian 10rb/potong. Sayangnya aku nggak pake jilbab paris, selain tipis, aku juga males dobelin.. jadi beli bergo aja :) 35rb/potong.

Hari ke-2 Road to ITC Cempaka Mas

Habis profilling yang menguras tenaga, foto data simpeg dan aku jadi perias dadakan di toilet... :p, kami berangkat menuju Cempaka Mas yang Ohmaigod, it takes 2 hours from Mangga Dua!!! Mood belanja rasanya udah ilang.... cuma rasanya sih.. soalnya pada kenyataannya kami pun kalap belanja!
Beli bergo lagi titipan temen, beli lensa kontak biar pandangan mata jelas selama prajab (ehem...), plus beli perlengkapan mandi dan keperluan sehari-hari. Lalu duduk cantik makan AW dan es krim coklat! *pilek..pilek deeeh). Oh ya, rok disini mulai 75k, kemeja putih mulai 50k, bergo mulai 45k, jilbab paris 15k. Lebih mahal dari tanah abang tapi bisa beli satuan.

Hari ke-3 Road to Atrium and Pasar Senen

Seperti nggak lengkap-lengkap kebutuhannya, hari ketiga aku cari tukang permak, beli kaos kaki putih, cetak foto. Sedangkan uli cari batik, sepatu kets dan sepatu pantofel. 



Nah..setelah semua beres, inilah 
PERLENGKAPAN PRAJAB GOLONGAN III KEMENTERIAN KEUANGAN
********************************************************************************
Seluruh Keperluan



1. ADMINISTRASI


Siapkan perlengkapan administrasi berupa Surat Tugas dari kantor, Surat Keterangan Sehat oleh dokter pemerintah, bukti cetak registrasi online, SPD lembar  2 untuk reimburse dan foto ukuran 3x4 dan 4x6 masing-masing 2 lembar.

 1. PAKAIAN



jilbab
Pakaian formal
Kemeja putih setidaknya 3 potong, rok atau celana hitam/ biru tua setidaknya 3 potong, baju batik setidaknya 3 potong, legging 4 potong, jilbab putih setidaknya 5 potong (karena olahraga juga pakai jilbab putih, takut kotor), kaos kaki aku bawa 5 pasang, jangan lupa dasi, pakaian dalam sesuai kebutuhan dan inner jilbab. Plus sepatu pantofel warna hitam sepasang.



Baju olahraga bebas, tapi aku bawa training 3 buah dan kaos olahraga 4 buah. Plus baju tidur dan handuk. Sepatu Olahraga membawa 2 pasang :) Firasatku buruk kalau sampe disuruh bawa 2 ini....hahahah

3. ALAT IBADAH




  



Dari berbagai pengalaman teman-teman yang prajab, katanya waktu kita akan diburu-buru. Yang aku takutkan, kita nggak punya waktu panjang buat dhuha, aku juga akan kesulitan kholas ODOJ (One Day One Juz) ku. Tapi kita bisa perbanyak shalat malam, dan tetap membaca Al-Qur'an meski sedikit. Toh dengan kecanggihan teknollogi, di HP android ku udah terinstal Al-Qur'an. Membaca Al-Qur'an jadi mudah dan menyenangkan. 


4.OBAT-OBATAN





Dari jaman Diksar Menwa dulu aku emang paling seneng bawa tas medis, isinya multivitamin,obat sakit gigi, obat pusing, obat flu, antibiotik (aku suka nahan pipis dan riskan infeksi saluran kencing), hansaplast (karena aku mudah sekali menciderai diri sendiri), salonpas pain relief buat keseleo, minyak tawon, minyak kayu putih, vicks, cairan kontak lensa, perban, counterpain dan geliga.
Ngapain bawa sebanyak ini sih? Well, tanpa bermaksud mendoakan teman-temanku nantinya, aku khawatir mereka butuh sesuatu dan menghubungi panitia kesulitan. Daripada aku ikutan kesal karena panitianya (mungkin) kurang tanggap, mending langsung kutangani. 
Setidaknya, pengalaman juara umum Palang Merah Remaja Jawa Timur dulu membuatku cukup percaya diri jadi petugas Keslap (Kesehatan Lapangan).

6. KOSMETIK

 Namanya juga cewek ya, nggak bisa kalau nggak dandan. Apalagi nanti ketemu 378 orang peserta Prajab di Parung, Bogor. Sebagai ketua angkatan yang baik, aku harus menunjukkan capability seorang leader. Pemimpin itu kan gambaran kondisi teritorialnya, kalau aku tidak rapi, kucel, wajahku nggak kinclong dan tubuhku bau badan, bisa nge-per duluan deh sebelum mengenal anggotaku lebih jauh :)

Isinya standart sih, BB cream, foundie, bedak tabur, bedak padat, blush on, eyeshadow, eyeliner, maskara, pensil alis, lipglos,lipstick, masker wajah, dan krim malam. Ummm... standartnya perias, Hahahahaha!



7. PERLENGKAPAN MANDI DAN CUCI




Mulai dari sabun wajah, sabun badan, shampoo, conditioner, sikat gigi, odol, alat cukur, tissue kewanitaan, detergen, softener, deodoran dan parfum. Mengapa bawa detergen cuci baju segala? Meski dapat fasilitas laundry, aku nggak bisa nyuciin baju dalam ku ke orang lain :)) 


8. PERLENGKAPAN LAIN


Ini kadang terlupakan, padahal kebanyakan barang kecil yang kita butuhkan sewaktu-waktu. Yang aku bawa adalah sebagai berikut, Pembalut wanita, setrikaan karena aku khawatir baju dan jilbabku disetrika nggak rapi, pelicin pakaian, semir sepatu karena kebiasaan kalau Menwa sepatu hitam harus selalu kinclong, kapur barus, paperclip, peniti, jarum pentul, colokan T, gunting, jarum dan benang, pemotong kuku, headset, cotton bud, bros jilbab, tusuk gigi, karet rambut dan token bank untuk transfer jika ada kebutuhan mendesak karena kita kan nggak akan semudah itu keluar area pendidikan.
Oh ya, jangan lupa bawa charger HP, Power Bank, dan Flashdisk. Untuk copy materi dan foto-foto selama Prajab :)





++++++++++++++++SELESAI++++++++++++++++++


Semua barang tadi muat masuk ke sebuah koper besar plus sebuah ransel.
Jangan lupa bawa dompet yang berisi identitas diri dan uang secukupnya ya.
Sebaiknya benda berharga seperti perhiasan tidak perlu dibawa, takutnya jatuh dan ilang selama kegiatan.

Sampai Ketemu di Prajab
Semoga Semua Peserta Lulus
***************************************

4 komentar:

  1. Ada berapa mbak jenis training di masa magang di DJKN? Dan masanya berapa lama?
    Thx.

    BalasHapus
  2. Ketua angkatan itu untuk kemenkeu atau per unit mbak?
    thanks

    BalasHapus
  3. Mbak, waktu itu pas fotonya bebas atau ada syaratnya ? Misalnya pakai jilbab putih, atau latarnyaa ?

    BalasHapus
  4. Are you looking for Finance?
    Are you looking for finance to enlarge your business?
    We help individuals and companies to obtain finance for business
    expanding and to setup a new business ranging any amount. Get
    finance at affordable interest rate of 2%, Do you need this
    finance for business and to clear your bills? Then send us an
    email now for more information contact us now via Email:

    misssharma680@gmail.com
    whatspp +917738214856
    Suman Ibrahim

    BalasHapus